Implementasi Pajak Penghasilan (Pph 21) Atas Aktivitas Endorsement Selebgram Madiun (Studi Kasus Pada Selebgram Kota Madiun)

Saputra, Anggita Monic Wijaya and Fitriana Rakhma Dhanias, SE., MSA., Ak (2024) Implementasi Pajak Penghasilan (Pph 21) Atas Aktivitas Endorsement Selebgram Madiun (Studi Kasus Pada Selebgram Kota Madiun). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk keterampilan yang terdapat pada saat ini, terdapat beragam media sosial yang ada pada saat ini yang merupakan aplikasi penunjang untuk mengakses informasi, hiburan serta untuk melakukan interaksi sosial. Influencer Media Sosial adalah orang-orang yang memiliki reputasi, akan pengetahuan dan keahlian pada suatu topik tertentu. Besarnya penghasilan Social Media Influencer tersebut menjadi sangat penting untuk dikenakan Pajak Penghasilan (PPh). Menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengetahui dan menganalisa lebih dalam tentang penerapan pajak penghasilan (PPh 21) atas aktivitas endorsment pada selebgram di Kota Madiun. Hasil yang diperoleh selebgram ada yang sudah dipotong pajak dan ada yang belum dipotong pajak, jika sudah dipotong pajak Direktorat Jenderal Pajak dapat mengetahui penyetoran pajak tersebut dari bukti pemotongan yang ada. Pemotongan pajak atas penghasilan selebgram tersebut biasanya dikenakan apabila selebgram melakukan kolaborasi dengan suatu merek atau seorang selebgram bergabung dengan suatu manajemen. Aktivitas endorsment yang dilakukan oleh selebgram di kota Madiun merupakan salah satu potensi penerimaan pajak.

English Abstract

Social media is a form of skill that exists today, there are various social media that exist today which are supporting applications to access information, entertainment and to conduct social interactions. Social Media Influencers are people who have a reputation, knowledge and expertise on a certain topic. The amount of income of the Social Media Influencer is very important to be subject to Income Tax (PPh). Using qualitative descriptive to find out and analyze more deeply the application of income tax (PPh 21) on endorsement activities on celebrities in Madiun City. The results obtained by celebrities are those who have been taxed and some who have not been taxed, if the tax has been withheld, the Directorate General of Taxes can find out the tax payment from the existing withholding evidence. Tax deductions on celebrity's income are usually imposed if the celebgram collaborates with a brand or a celebrant joins a management. Endorsment activities carried out by celebrities in the city of Madiun are one of the potential tax revenues.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170358
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Influencer, Penghasilan, Pajak Penghasilan, Endorsment, Penerimaan Pajak.-Social Media, Influencer, Income, Income Tax, Endorsement, Tax Revenue
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:43
Last Modified: 09 Oct 2024 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226512
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggita Monic Wijaya Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item