Perancangan Buku Pop-Up 2D Sebagai Media Edukasi Perkembangan Literasi Anak Usia Dini ( 4-6 Tahun) di Brawijaya Smart School”.

Aliffia, - and Wuri Cahya Handaru, , S.ST., M.Ds (2024) Perancangan Buku Pop-Up 2D Sebagai Media Edukasi Perkembangan Literasi Anak Usia Dini ( 4-6 Tahun) di Brawijaya Smart School”. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya literasi generasi muda di Indonesia serta penggunaan Kurikulum Merdeka yang lebih memfokuskan pembelajaran moral dan motoric dibandingkan literasi menjadi salah satu alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menarik antusiame anak-anak usia dini terumatama di TK Brawijaya Smart School sebagai sekolah yang menerapkan basis Kurikulum Merdeka untuk dapat mengembangkan kemampuan literasi dengan media pembelajaran interaktif. Penulis tertarik untuk membuat buku pop-up 2D dengan dilengkapi cerita serta ejaan sederhana demi menumbuhkan ketertarikan anakanak usia dini untuk membaca. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik Analisa data yang dilakukan adalah Teknik analisa data medel Miles dan Huberman yang mana penelitian ini mengumpulkan data berupa aktivitas dalam analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk menghasilkan buku pop-up edukatif yang berfungsu sebagai media pembelajaran mengenai literasi.

English Abstract

The low literacy of the younger generation in Indonesia and the use of the Independent Curriculum which focuses more on moral and motoric learning rather than literacy are one of the reasons for conducting this research. The aim of this research was to attract the enthusiasm of young children, especially at the Brawijaya Smart School Kindergarten as a school that implements the Independent Curriculum base to be able to develop literacy skills with interactive learning media. Writer are interested in making 2D pop-up books equipped with stories and simple spelling to foster young children's interest in reading. The research method used in this research is a qualitative method. The data analysis technique used is the Miles and Huberman method of data analysis, where this research collects data in the form of activities in qualitative data analysis which are carried out interactively and continue continuously until completion, so that the data is saturated. The aim of this final assignment is to produce an educational pop-up book that functions as a learning medium about literacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170352
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Buku Pop-Up, Kurikulum Merdeka, Literasi, Media Pembelajaran- Early Childhood, Independent Curriculum, Learning Media, Literacy, Pop-Up Book
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:44
Last Modified: 09 Oct 2024 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226496
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aliffia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item