Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Komputer (Studi Kasus pada PT. Totalcare Nutraceutical Surabaya)

Laksmitaningrum, Ayu Aista and Drs. Kertahadi, Mcom and Drs. Nanang Riyadi, Msi. (2006) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Komputer (Studi Kasus pada PT. Totalcare Nutraceutical Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Komputer yang dilakukan di PT. Totalcare Surabaya ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan yang terjadi di perusahaan yang mengakibatkan timbulnya permasalahan-permasalahan pada aktifitas penjualan. Penjualan yang selama ini dilakukan secara manual menyebabkan timbulnya permasalahan antara lain: kecepatan dan ketepatan pesanan dari pelanggan dan masalah supply gudang yang seringkali mengalami keterlambatan akan berpengaruh terhadap pemenuhan pesanan, data penjualan dan pembuatan laporan yang masih manual menyebabkan admin kesulitan dalam pencarian data penjualan. Kemampuan untuk mengolah data dan menyajikannya sebagai suatu informasi yang berkualitas dengan cepat, tepat, dan mudah menjadi tuntutan tersendiri bagi pihak perusahaan. Analisa terhadap sistem informasi yang telah ada perlu dilakukan, sehingga dapat diambil langkah-langkah selanjutnya sebagai pemecahan kelemahan sistem informasi yang ada. Dan dengan pemecahan kelemahan tersebut, dapat diusulkan suatu rancangan sistem informasi sebagai perbaikan sistem informasi yang ada, dengan memanfaatkan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang kemudian memberikan solusi kepada pemakai sistem dalam hal penyajian informasi berbasis komputer. Dengan bantuan teknologi canggih yakni komputer, diharapkan manajemen dapat memperoleh informasi yang berkualitas dan penggunaan jaringan komputer merupakan upaya untuk meminimalkan penggunaan kertas laporan dan mempercepat proses pefaporan. Perancangan sistem informasi pengadaan barang diawali dengan merancang data flow diagram dilanjutkan dengan merancang entity relationship diagram lalu perancangan jaringan komputer lokal. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan sistem informasi penjualan berbasis komputer diharapkan dapat mempercepat proses pengolahan data penjualan dan dapat mendukung pengambilan keputusan yang tepat bagi manajemen di PT. Totalcare Nutraceutical Surabaya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040603
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:25
Last Modified: 02 Aug 2024 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226434
[thumbnail of AYU AISTA LAKSMITANINGRUM.pdf] Text
AYU AISTA LAKSMITANINGRUM.pdf

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item