Gumelar, Muhammad Ganang Akbar and Asril Kurniadi, S.T., M.T. (2024) Redesain Stasiun Kertosono Melalui Penataan Ruang Dalam Rangka Untuk Menunjang Pendapatan Stasiun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring bertambahnya zaman teknologi berkembang pesat. Perkretaapian merupakan salah satu moda transportasi massal, yang tidak dapat dipisahkan dari moda transportasi lainnya. Stasiun merupakan bagian terpenting dari perkeretaapian dimana keberangkatan dan kedatangan penumpang dilakukan antar Stasiun. Stasiun kereta api memiliki potensi yang dapat dikembangkan mulai dari alur sirkulasi, fasilitas, hingga aksesnya yang dapat membuat penumpang merasa nyaman saat pergi menuju Stasiun. Stasiun Kertosono merupakan Stasiun Kelas Besar B yang memiliki jumlah penumpang yang cukup banyak, karena menjadi salah satu Stasiun transit Kereta Lokal dan Kereta Jarak Jauh. Meskipun kelas Besar B, Stasiun Kertosono belum memiliki fasilitas sesuai Standart Pelayanan Minimum PT KAI, seperti jumlah toilet, letak toilet, letak mushola, ruang Pos Kesehatan, ruang Laktasi, dan ruang bebas juga elevasi lantai yang tidak friendly untuk difabel. Juga penempatan tenant yang membuat sirkulasi terjadi konta flow antara penumpang dengan antrian kerumunan pembeli tenant. Penulis berharap dengan adanya perencanaan desain, Stasiun Kertosono akan mendapatkan benefit dari segi eksternal yaitu kepuasan pelayanan penumpang, dan juga internal seperti penurunan angka laporan komplain penumpang dan juga meningkatkan pendapatan pada penjualan bangunan untuk tenant. Metode yang digunakan adalah Analisa deskriptif dengan cara survey lokasi.
English Abstract
As time goes by, technology is developing rapidly. Railways are a mode of mass transportation, which cannot be separated from other modes of transportation. Stations are the most important part of the railway where passenger departures and arrivals are carried out between stations. Train stations have potential that can be developed starting from circulation flow, facilities, to access that can make passengers feel comfortable when going to the station. Kertosono Station is a Large Class B Station which has quite a large number of passengers, because it is one of the transit stations for Local Trains and Long Distance Trains. Even though it is Class B, Kertosono Station does not yet have facilities according to PT KAI's Minimum Service Standards, such as the number of toilets, location of the toilet, location of the prayer room, health post room, lactation room, and free space as well as floor elevations that are not friendly for people with disabilities. Also the placement of tenants creates contact flow between passengers and the queue of crowds of tenant buyers. The author hopes that with design planning, Kertosono Station will gain benefits from an external perspective, namely passenger service satisfaction, and also internally, such as reducing the number of passenger complaint reports and also increasing income from building sales for tenants. The method used is descriptive analysis by means of a location survey.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226386 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ganang Akbar Gumelar.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |