Schifra, Nalindra Amelia and Nanang A.S, S.M., M.M (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Digital Melalui Pendekatan SWOT pada Website “Taspen One Hour Online Service” di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan adalah aktivitas penting dalam perusahaan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik diperlukan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan, yang akan mempengaruhi citra perusahaan. Dengan perkembangan teknologi, pelayanan digital menjadi semakin penting untuk mengatasi keterbatasan pelayanan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan digital pada website “Taspen One Hour Online Service”, serta mengidentifikasi strategi yang tepat dengan Analisis SWOT untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan matriks SWOT. Hasil penelitian SWOT pada aspek Kekuatan (Strengths), Website memiliki fitur yang lengkap dan memudahkan pengguna dalam mengakses layanan dimanapun dan kapanpun. Kelemahan (Weakness), Beberapa fitur masih kurang user-friendly, dan terdapat keluhan mengenai respon yang lambat. Peluang (Opportunity), Peningkatan teknologi dan penggunaan internet yang luas memberikan peluang untuk mengembangkan layanan digital lebih baik. Ancaman (Threats) Persaingan dengan platform pelayanan digital lainnya dan risiko keamanan data. Penelitian ini menyarankan agar PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang melakukan upgrade sistem secara berkala untuk mengurangi error dan buffering, Implementasikan fitur otomatisasi untuk mengurangi proses manual, menambah jumlah SDM yang menangani Klaim, Tingkatkan sosialisasi dan edukasi kepada peserta, Meningkatkan layanan dengan upaya Tindak Lanjut proses Klaim Kantor Cabang melalui kontak dari pemohon klaim.
English Abstract
Service is an important activity in a company that is designed to meet the needs of society. Good service quality is necessary to increase customer satisfaction and trust, which will affect the company's image. With the development of technology, digital services are becoming increasingly important to overcome the limitations of conventional services. This study aims to analyze the quality of digital services on the " Taspen One Hour Online Service" website, as well as identify the right strategy with SWOT Analysis to improve service quality. This study uses a descriptive approach with a qualitative method. Data was collected through interviews, observations, and documentation. Data analysis was carried out using a SWOT matrix. The results of SWOT research on the Strengths aspect, the Website has complete features and makes it easier for users to access services anywhere and anytime. Weakness: Some features are still not userfriendly, and there are complaints about slow responses. Opportunity: Technological improvements and the widespread use of the internet provide opportunities to develop better digital services. Threats: Competition with other digital service platforms and data security risks. This study suggests that PT Taspen (Persero) Malang Branch Office upgrade the system periodically to reduce errors and buffering, implement automation features to reduce manual processes, increase the number of human resources who handle claims, increase socialization and education to participants, improve services with efforts to follow up the Branch Office Claim process through contact from the claimant.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pelayanan Digital, Analisis SWOT. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:47 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226383 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nalindra Amelia Schifra.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |