Implementasi Digital Marketing Instagram @renafactoryoutlet Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Akhnisa, Fanny Aisya Nur and Lintang Edityastono, S.AB., M.AB (2024) Implementasi Digital Marketing Instagram @renafactoryoutlet Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat berkembang secara pesat, seperti media sosial yang memiliki manfaat sebagai alat bisnis yang dapat membantu konsumen mendapatkan informasi secara luas yang dimana bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana Rena Factory Outlet mengimplementasikan Digital Marketing nya melalui Instagram dalam upaya meningkatkan brand awareness. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh masyarakat luas dan menjadi salah satu alat komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menjangkau pasar yang luas, berinteraksi dengan konsumen secara tidak langsung tetapi secara real time. Peneliti menggunakan teori dari Aaker yaitu Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognation, dan Unaware of Brand serta menyajikan suatu sistem sebagai dasar pelaksanaan tahapan perencanaan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi pusaka. Subjek dari penelitian ini adalah karyawan digital marketing dan manager toko Rena Factory Outlet. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Rena Factory Outlet sudah menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan menerapkan teori dari Aaker dengan baik. Dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai platform Digital Marketing terbukti dapat menambah informasi mengenai produk-produk Rena Factory Outlet kepada konsumen dan mampu meningkatkan brand awareness perusahaan.

English Abstract

The development of technology is currently growing rapidly, such as social media which has benefits as a business tool that can help consumers get information widely which can be accessed anytime and anywhere. The purpose of this research is how Rena Factory Outlet implements its Digital Marketing through Instagram to increase brand awareness. Instagram is one of the social media used by the wider community and is one of the marketing communication tools used to reach a wide market, and interact with consumers indirectly but in real time. Researchers use Aaker's theory of Top of Mind, Brand Recall, Brand recognition, and Unaware of Brand and present a system as the basis for implementing the marketing planning stages. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques in the form of interviews, observations, and literature studies. The subjects of this research are digital marketing employees and Rena Factory Outlet store managers. Based on the results of this study, show that Rena Factory Outlet has implemented a marketing communication strategy by applying Aaker's theory well. By using Instagram social media as a Digital Marketing platform, it is proven to be able to add information about Rena Factory Outlet products to consumers and be able to increase the company's brand awareness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Instagram, Brand Awareness- Digital Marketing, Instagram, Brand Awareness
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:12
Last Modified: 03 Oct 2024 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226287
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fanny Aisya Nur Akhnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item