Fathurohmi, Atiqa and Eka Agustiningtias, S.AB.,M.AB (2024) Analisis Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service Sebagai Sarana Penunjang Pelayanan Nasabah Pada PT.Pegadaian Cabang Ponorogo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT.Pegadaian merupakan salah satu lembaga bukan bank di Indonesia yang mempunyai kegiatan membiayai kebutuhan masyarakat baik yang bersifat produktif maupun konsumtif dengan menggunakan hukum gadai. Pada era digitalisasi PT.Pegadaian menciptkan inovasi untuk menunjang pelayanan kepada nasabah. Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) adalah aplikasi yang diciptakan PT.Pegadaian sebagai bentuk penerapan perkembangan teknologi dan informasi yang ada. Aplikasi tersebut memudahkan nasabah karena menghemat waktu maupun tenaga tanpa harus antri dan datang langsung ke kantor. Tujuan tugas akhir ini untuk menganalisis penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service sebagai sarana penunjang pelayanan nasabah pada PT.Pegadaian Cabang Ponorogo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuanlitatif. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara, dan kuesioner. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari internet, jurnal, dan penelitian terdahulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata penilaian responden sangat setuju dengan adanya aplikasi Pegadaian Digital Service sebagai sarana penunjang pelayanan nasabah di PT.Pegadaian Cabang Ponorogo. Nasabah merasa terbantu dengan adanya aplikasi tersebut karena transaksi sangat mudah dan cepat tanpa harus datang langsung ke outlet untuk mengantri. Namun, perlu adanya evaluasi perusahaan terkait adanya kendala jaringan ataupun sistem eror pada saat aplikasi digunakan.
English Abstract
PT.Pegadaian is one of the non-bank institutions in Indonesia that has activities to finance the needs of the community, both productive and consumptive, using pawn law. In the digital era, PT.Pegadaian creates innovations to support customer service. The Pegadaian Digital Service (PDS) application is an application created by PT.Pegadaian as a form of implementing existing technological and information developments. The application makes it easier for customers because it saves time and energy without having to queue and come directly to the office. The purpose of this final project is to analyze the use of the Pegadaian Digital Service Application as a means of supporting customer service at PT. Pegadaian Ponorogo Branch. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The data used includes primary and secondary data. Primary data is obtained from observation, interviews, and questionnaires. Meanwhile, secondary data is obtained from the internet, journals, and previous research. The sampling technique used by the researcher is purposive sampling. The results of the research that has been conducted show that the average respondent's assessment strongly agrees with the Pegadaian Digital Service application as a means of supporting customer service at PT. Pegadaian Ponorogo Branch. Customers feel helped by the application because transactions are very easy and fast without having to come directly to the outlet to queue. However, there needs to be a company evaluation regarding network constraints or system errors when the application is used
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | PT.Pegadaian, Aplikasi PDS, dan Pelayanan.-PT. Pegadaian, PDS Application, and Services. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:11 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226284 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ATIQA FATHUROHMI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |