Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Instagram Dalam Membangun Brand Awareness Pada ASET.ID Malang

Simbolon, Ezra Vebby Astrid Stevania and Dr. Karisma Sri Rahayu, S.S.T., M.AB (2024) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Instagram Dalam Membangun Brand Awareness Pada ASET.ID Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi sudah semakin berkembang, banyak pengusaha yang memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi yaitu Instagram. Memperkenalkan produk, jasa, atau merek untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sering disebut sebagai promosi. Strategi dalam komunikasi pemasaran sangatlah penting, karena tanpa strategi komunikasi dari perusahaan kepada konsumen akan menjadi tidak efektif. Oleh sebab itu, perlu dirancang strategi khusus untuk pemasaran agar komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan membangun kesadaran masyarakat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Aset.id menggunakan Instagram dalam membangun brand awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, Aset.id memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram, selain itu Aset.id secara konsisten memposting konten-konten menarik dan informatif yang dikelompokkan kedalam konten harian, informasi, edukasi, promosi, dan konten customer review yang dapat meningkatkan kesadaran serta kepercayaan audiens dan followers pada Aset.id. Diharapkan Aset.id dapat lebih memaksimalkan penggunaan fitur-fitur Instagram seperti fitur Live Streaming untuk meningkatkan jangkauan dan engagement. Mengatur sesi interaksi rutin seperti sesi tanya jawab (Q&A) melalui fitur stories untuk mempererat hubungan dengan pengguna, serta tetap up to date terhadap konten-konten yang sedang viral di instagram agar konten yang diunggah tidak monoton dan dapat selalu menarik perhatian audiens.

English Abstract

echnological developments are increasingly developing, many entrepreneurs are using technology to market their products. One of the social media that is often used as a promotional medium is Instagram. Introduction a product, service or brand to increase public awareness is often referred to as promotion. Promotion involves communication activities that provide information from sellers to consumers. Strategy in marketing communication is very important, because without a communication strategy from the company to consumers it will be ineffective. Therefore, it is necessary to design a special strategy for marketing so that the communication carried out can run effectively and build public awareness in accordance with the goals to be achieved. This research aims to analyze Aset.id’s marketing communication strategy using Instagram to build brand awareness. The type of research used is descriptive qualitative. Based on the research results, it is known that in increasing customer awareness, Aset.id utilizes the features available on Instagram, apart from that, Aset.id consistenly posts interesting and informative content which is grouped into daily content, information, education, promotions and customer content. Content customer reviews that can increase customer awareness and trust in Aset.id. The author provides suggestions for Aset.id to maximize the use of Instagram features such as the Live Streaming feature to increase reach and engagement. Organize regular interaction sessions such as question and answer sessions (Q&A) through the stories feature to strengthen relationships with users, and stay up to date with content that is currently viral on Instagram so that the uploaded content is not monotous and can always attract the attention of the audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media sosial Instagram, Brand Awareness, ASET.ID-Marketing Communication Strategies, Instagram social media, Brand Awareness, ASET.ID Malang
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:11
Last Modified: 03 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226282
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ezra Vebby A. S. Simbolon.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item