Wijaksono, Drajat Herlangga and Lintang Edityastono, S.AB., M.AB (2024) Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Segmen Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Mengengah (UMKM) di Telkom Witel Yogyakarta (Studi Kasus pada Indibiz). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam memperkuat ekonomi Indonesia dengan menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi lokal, sehingga digitalisasi UMKM melalui teknologi informasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan pertumbuhan bisnis mereka. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) memperkenalkan Indibiz pada Juli 2023 sebagai solusi digital yang memberikan layanan internet dan produk digital lainnya seperti IoT untuk menunjang UMKM. Tugas Akhir ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan UMKM di Telkom Witel Yogyakarta menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan 5 indikator untuk mengetahui kepuasan pelanggan UMKM yang menggunakan Indibiz yaitu Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional, Harga dan biaya yang berasal dari teori Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Dari kelima indikator tersebut penulis dapat melihat bahwa bahwa sebagian besar pelanggan UMKM merasa puas dengan layanan Indibiz, meskipun terdapat beberapa kendala seperti gangguan jaringan. Saran untuk Telkom Witel Yogyakarta meliputi peningkatan kualitas layanan dan jaringan, evaluasi rutin, transparansi biaya dan proses pemasangan, penguatan komunikasi dengan pelanggan, serta pengurangan biaya tambahan yang tidak perlu dan percepatan waktu instalasi. Implementasi saran ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan Telkom Witel Yogyakarta terus memberikan layanan terbaik kepada UMKM.
English Abstract
Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) play a vital role in strengthening Indonesia's economy by creating jobs and driving the local economy, making the digitalization of MSMEs through information technology crucial to improve the quality and growth of their businesses. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) introduced Indibiz in July 2023 as a digital solution providing internet services and other digital products such as IoT to support MSMEs. This final project aims to identify the factors influencing MSME customer satisfaction at Telkom Witel Yogyakarta using a qualitative descriptive method through interviews, observations, and literature studies. In writing this final project, the author uses five indicators to assess the satisfaction of MSME customers using Indibiz: Product Quality, Service Quality, Emotional, Price, and Costs derived from the theory of Factors Affecting Customer Satisfaction. From these five indicators, the author finds that most MSME customers are satisfied with Indibiz services, although there are some issues such as network disruptions. Recommendations for Telkom Witel Yogyakarta include improving service and network quality, routine evaluations, transparency in costs and installation processes, strengthening communication with customers, reducing unnecessary additional costs, and speeding up installation times. The implementation of these suggestions is expected to enhance customer satisfaction and ensure that Telkom Witel Yogyakarta continues to provide the best services to MSMEs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, UMKM, Layanan- Customer Satisfaction, MSMEs, Service |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 08:17 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226245 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Drajat Herlangga.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |