Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (Pkb/Bbnkb) Terhadap Peningkatan Pendapatan Aslidaerah (Pad) Propinsi Kalimantan Timur

Asnah, - and Prnf. DR. HR. Rr li Sneprapto, MS and Drs. Anwar Basran, M.Si (2004) Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (Pkb/Bbnkb) Terhadap Peningkatan Pendapatan Aslidaerah (Pad) Propinsi Kalimantan Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya Undang-undang Otonomi Daerah yaitu Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 yang mengatur tentang Pemerintahan Daerah dan UndangUndang No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Daerah dapat dianggap sebagai suatu kemajuan yang cukup berarti dalam reformasi ini. Undang-Undang No. 25 Tahun 1999 menyebutkan bahwa sumber pendapatan daerah adalah terdiri dari hasil pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah dan hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan, hasil lain-lain PAD yang sah. Dikeluarkannya UU No. 34/2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, diharapkan Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur memiliki landasan hukum yang sangat kuat untuk mengadakan pemungutan pajak dan retribusi daerah. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan tingkat penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB.BBNKB) di Propinsi Kalimantan Timur (2) untuk mendeskripsikan Realisasi dan Target Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB/BBNKB) di Propinsi Kalimantan Timur (3) untuk mendeskripsikan Kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB/BBNKB) terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Propinsi Kalimantan Timur. (4) untuk mendeskripsikan FaktorFaktor Pendukung dan Penghambat. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif, pertimbangan menggunakan metode tersebut ialah ingin memperoleh gambaran tentang kebijakan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap peningkatan PAD Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992) dengan prosedur : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Propinsi Kalimantan Timur sangat signifikan dengan rata-rata besaran kontribusinya sebesar 61%. Hasil penelitian ini menyarankan sosialisasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotor dan pendekatan persuasif, sehingga wajib pajak menyadari akan kewajibannya.

English Abstract

Any act of autonomy, the first is act number of 22 at 1999, to rules about The local Government. The second is act Number of 25 at 1999, it about the balanced of finance between Central and Local Government that can be responsive to be the one of good progress in this reformation era. The act number of 25 at 1999 to mention that the local income resources are including of account of local income, local retribution, the local companies, account from be spread of managerial system and others from legal of the real local income. According to act number of 34/2000 about Local tax and local retribution, to be hope East Kalimantan Province Government have the base law. That has power to regulate and take the tax and local retribution. So, these Basic of aspect will be the one resources of Local Income and that is very important to cost of managerial and built Local Government. In future, Local government will able to make decision for wide spread of local autonomy, more reality and responsibility. The aim of research are : 1) to describe about the progress income from tax and cost of motorized vehicles (PKB/BBNKB) in East Kalimantan Province; 2) to describe about the realization and the goal of income from tax and cost of motorized vehicles (PKB/BBNKB) in East Kalimantan Province.; 3) to describe about the tax and cost of motorized vehicles (PKB/BBNKB) contributed to increased the real local Income (PAD) in Esat Kalimantan Province; 4) to describe about the supporting and inhibiting factors. This research used qualitative method or approach. The reason used this methods has want to get describing about the will of tax and cost of motorized vehicles contributed to increase the real local income on government of East Kalimantan Province. Data collecting used documentation, interview and observation. The analyzed of data used interactive analyzed that methods according to Miles and Huberman theory (1992), the procedure including are data reduction, data exposure and make conclusion or verification. The conclusion of research outcome that tax and cost of motorized vehicles contributed to increased of income in East Kalimantan Province is very significant with the level of average contribute to reached 61%. This research outcome to suggest : need socialized about the tax of motorized Vehicles with the persuasive approach, so that the tax obligate will aware about their responsibility.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040403
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:10
Last Modified: 01 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226216
[thumbnail of ASNAH.pdf] Text
ASNAH.pdf

Download (24MB)

Actions (login required)

View Item View Item