Rodhiya, ‘Azimatu ‘Ulya and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T. (2024) Perancangan Ilustrasi Key Visual Sebagai Media Promosi Laptop Msi Cyborg 15 A12VE-075ID. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam industri gaming memerlukan inovasi dalam daya tarik visual untuk memaksimalkan efektivitas promosi produk. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang ilustrasi key visual sebagai media promosi laptop MSI Cyborg 15 A12VE-075ID. Produk ini telah memiliki tema visual yang kuat, yang dapat dikembangkan menjadi key visual yang menarik, dengan peluang besar dalam penggunaan ilustrasi untuk promosi. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) melibatkan observasi, wawancara, dan kuesioner untuk pengumpulan data. Uji efektivitas desain dilakukan menggunakan uji t sampel bebas, dengan skala yang diadaptasi dari beberapa alat ukur yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik ilustrasi yang diterapkan dalam pembuatan key visual mendapat respon positif dari audiens. Tema cyberpunk yang digunakan dalam ilustrasi ini dinilai sangat sesuai dengan karakteristik produk dan minat audiens. Output dari penelitian ini berupa key visual yang diunggah di media sosial (Facebook dan Instagram) serta di marketplace Tokopedia resmi milik MSI. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan desain key visual promo MSI Cyborg 15 A12VE-075ID efektif dalam meningkatkan intensi membeli konsumen.
English Abstract
The growing competition in the gaming industry requires innovation in visual appeal to enhance the effectiveness of product promotions. This study aims to design an illustrated key visual for promoting the MSI Cyborg 15 A12VE-075ID laptop. The product already has a strong visual theme that can be developed into an attractive key visual, offering great potential for using illustrations in promotions. The research uses a mixed methods approach, including observation, interviews, and questionnaires for data collection. The effectiveness of the design was tested using an independent sample t-test, with scales adapted from several valid measurement tools. The results show that the illustration techniques used in creating the key visual received positive feedback from the audience. The cyberpunk theme used in this illustration was found to be very suitable for the product and the interests of the audience. The output of this research includes a key visual uploaded on social media (Facebook and Instagram) and the official MSI Tokopedia marketplace. Based on the t-test results, there is a significant difference between the control group and the experimental group, indicating that the key visual design for promoting the MSI Cyborg 15 A12VE-075ID laptop effectively increases consumer purchase intentions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Key visual, Ilustrasi, MSI Cyborg 15 A12VE-075ID |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226213 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
'Azimatu 'Ulya Rodhiya.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |