Azizi, Achmad Mursyidan and Auliya Az Zahra,, S.AB., M.M (2024) Efektivitas Rancangan Penerapan Whatsapp Business Sebagai Customer Touchpoint Pada UMKM Konveksi Bikinin Aja Indonesia. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini, penggunaan alat komunikasi dan layanan digital membuat pelanggan semakin mudah. Baik dalam bertanya tentang produk, membantu saat pemesanan, dan dalam proses pembayaran. Kemudahan inilah yang membuat masyarakat lebih memilih belanja ke platform online daripada offline store. Maka UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan fenomena tersebut. UMKM banyak yang beralih memanfaatkan WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini dianggap efektif dalam meningkatkan layanan customer service, seperti menjawab pertanyaan, menerima pesanan, dan memberikan informasi produk. Tujuan utama dari rancangan ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan Customer Touchpoint sebagai saluran komunikasi dengan pelanggan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh UMKM konveksi "Bikinin Aja Indonesia". Hal ini diharapkan dapat mendorong kepuasan dan loyalitas pelanggan. Bikinin Aja harus mengoptimalkan saluran Customer Touchpoint guna menjaga pelanggan, untuk itu Whatsapp Business bisa menjadi salah satu solusi guna meningkatkan pelayanan. Dalam penelitian ini, rancangan penerapannya meliputi analisis kebutuhan, persiapan data, aktivasi akun, pengaturan fitur, dan integrasi dengan sistem pemesanan yang sudah ada. Hal ini diperlukan agar pemanfaatan whatsapp bisnis dapat berjalan optimal. Pengukuran keberhasilan rancangan whatsapp bisnis ini dilakukan melalui beberapa indikator, seperti kemudahan akses, respon yang cepat, keterlibatan dan interaksi, serta pelayanan yang lebih baik. Secara keseluruhan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan pemanfaatan WhatsApp Business yang efektif bagi UMKM dalam meningkatkan layanan pelanggan. Dengan demikian, rancangan penerapan WhatsApp Business sebagai Customer Touchpoint dapat menjadi solusi bagi UMKM konveksi Bikinin Aja Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan, membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
English Abstract
Today, the use of communication tools and digital services makes it easier for customers. Whether it's asking questions about products, helping with ordering, and in the payment process. This convenience is what makes people prefer shopping to online platforms rather than offline stores. So MSMEs are required to adapt to this phenomenon. Many MSMEs have switched to utilizing WhatsApp Business to interact with customers. This is considered effective in improving customer service, such as answering questions, taking orders, and providing product information. The main objective of this design is to optimize the use of Customer Touchpoints as a communication channel with customers in the hope of improving the quality of service provided by “Bikinin Aja Indonesia” convection MSMEs. This is expected to encourage customer satisfaction and loyalty. Bikinin Aja must optimize Customer Touchpoint channels to keep customers, for that whatsapp business can be one solution to improve services. In this research, the design implementation includes needs analysis, data preparation, account activation, feature settings, and integration with existing ordering systems. This is necessary so that the utilization of business whatsapp can run optimally. Measuring the success of this business whatsapp design is done through several indicators, such as ease of access, fast response, engagement and interaction, and better service. Overall, this research aims to provide an effective WhatsApp Business utilization design for MSMEs in improving customer service. Thus, the design of implementing WhatsApp Business as a Customer Touchpoint can be a solution for Bikinin Aja Indonesia convection MSMEs to improve service quality, build better relationships with customers, and encourage sustainable business growth
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Whatsapp Bisnis; Customer Touchpoint; UMKM-Business Whatsapp; Customer Touchpoint; MSMEs |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:09 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226210 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ACHMAD MURSYIDAN AZIZI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |