Upaya Pengembangan Sumberdaya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Ngatawi, - (2006) Upaya Pengembangan Sumberdaya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai UU. Kepegawaian No.43 th.1999 tentang pokok-pokok kepegawaian, mengungkapkan : PNS. Adalah unsur aparatur Negara dan Abdi masyarakat dan bertugas melaksanakan penyeienggaraan tugas umum, pemerintahan dan pembangunan secara berdaya guna dan berhasil guna, oleh karena itu Fakultas Ilntu Administrasi sebagai organisasi pemerintahan harus terus berupaya mengembangkan diri baik dalam hal kelembagaan, financial dan juga sumberdaya manusianya. Seiring dengan global isasi dan era reformasi, negara telah mengeluarkan peraturan yaitu, dikeluarkannya UU No.22 tahun 1999^ang memberi keleluasaan bagi pemerintah daerah untuk berkreasidan berinovasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Penerapan otonomi berlaku tidak hanya ada pada daerah, namun disetiap sector yang ada didaerah tersebut, contoh ; bidang pendidikan yang sekarang ini mulai diterapkan sistem otonomi kampus atau lembaga pendidikan lain, dimana kebebasan yang dimiliki oleh suatu kampus/lembaga pendidikan atau bahkan membentuk suatu lembaganya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Konsekwensinya kampus dituntut untuk bisa meningkatkan kinerjanya diberbagai sector dan bisa memberikan pelayanan yang sebaikbaiknya kepada semua pihak, itu semua membutuhkan tenaga kerja / pegawai yang kinerjanya berkuaiitas serta punyai dedikasi tinggi terhadap organisasi oleh karena itu perlu sekali adanya upaya pengembangan SDM. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mngetahui bentuk Upaya Pengembangan Sumberdaya Manusia di Fakultas Bmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, serta untuk mengetahi implikasi upaya pengembangan terhadap kinerja pegawai, dan untuk mengetahui factorfaktor yang menunjang dan menghambat pengembangan pegawai tersebut Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptip kualitatif,karena dalam penelitian ini peneliti mengamati keadaan yang terjadi pada Fakultas Bmu Administrsi Universitas Brawijaya Malang,dengan memberikan uraian atas keadaan yang sebenarnya terjadi ,dimana penjelasan- penjelasan yang digunakan sebagai dasar menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa upaya pengembangan SDM, terutama tenaga administrasi melalui : Diktat, promosi , perpindahan serta kursus-kursus, hasilnya dapat meningkatkan kinerja pegawai, walaupun masih belum maksimal, untuk itu kebijakan yang dilaksanakan oleh Pimpinan Fakultas dalam rangka meningkatkan kinerja pegawainya, melalui pengembangan SDM, sangat tepat sekali dan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:57
Last Modified: 01 Aug 2024 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226194
[thumbnail of N G A T A W I.pdf] Text
N G A T A W I.pdf

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item