Pengaruh Nilai Tukar (Kurs) Dollar Amerika (USD), Tingkat Suku Bunga SBI, dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi pada Indeks LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Awaludin, Asep and Drs. R. Rustam Hidayat, MSi and Drs. Achmad Husaini, MAB (2006) Pengaruh Nilai Tukar (Kurs) Dollar Amerika (USD), Tingkat Suku Bunga SBI, dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi pada Indeks LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Membaiknya kondisi perekonomian Indonesia berdampak positif terhadap pasar modal sehingga menarik minat investor untuk berinvestasi pada pasar modal (bursa efek). Studi ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh nilai tukar (kurs) USD, tingkat suku bunga SBI, dan inflasi terhadap harga saham. Ada dua hipotesis yang diuji dalam penelitian ini, yaitu efek perubahan nilai tukar (kurs) USD, tingkat suku bunga SBI, dan inflasi terhadap harga saham, serta variabel mana yang berpengaruh paling dominan dalam mempengaruhi harga saham. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuntitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indeks LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F (F-test), uji t (ttest), dan uji good of fit test melalui koefisien R2 yang disesuaikan (adjusted R2) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa persamaan regresi layak digunakan sebagai alat peramalan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fining sebesar 130,019. Nilai ini lebih besar dari F tabel (130.019 > 2.858), ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel nilai tukar (kurs) USD, suku bunga SBI, dan inflasi terhadap Indeks LQ-45. Hasil darr uji t menunjukkan bahwa secara parsial nilai tukar USD dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap indeks LQ-45 pada derajat kepercayaan 5%. Sedangkan suku bunga SBI signifikan pada derajat kepercayaan 10%. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi harga saham (indeks LQ-45) adalah kurs USD dengan Koefisien Beta terbesar yaitu sebesar 0,594. Dari hasil analisis korelasi diperoleh nilai R2 = 0.913. Angka ini menunjukkan bahwa variasi nilai Indeks LQ-45 yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi yang diperoleh sebesar 91.3%. Saran yang dapat diberikan adalah agar investor dan calon investor untuk lebih cermat dalam mengambil keputusan investasi. Investor dan calon investor harus lebih waspada terhadap situasi pasar yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040603
Uncontrolled Keywords: Nilai tukar (kurs), Suku bunga, Inflasi, Harga saham, Indeks LQ-45
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:56
Last Modified: 01 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226192
[thumbnail of Asep Awaludin.pdf] Text
Asep Awaludin.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item