Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2003/2004 Dan 2004/2005 Yang Membeli Ponsel Nokia)

Dewantari, Ratih Puspita (2006) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2003/2004 Dan 2004/2005 Yang Membeli Ponsel Nokia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan atau bersama-sama maupun parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk ponsel Nokia pada mahasiswa program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang diukur dari elemenelemen kualitas produkyang terdiri dari delapan variabel bebas yaitu Performance (kineija) (Xi), Features (keistimewaan tambahan) (X2), Reliability (kehandalan) (X3), Conformance to Specification (kesesuaian dengan spesifikasi) (X4), Durability (daya tahan) (X5), Serviceability (pelayanan) (Xf ), Aesthetics (estetika) (X7), Perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) (Xg) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan {eksplanatory research) dan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2003/2004 dan 2004/2005 yang membeli ponsel Nokia, yaitu sebanyak 72 orang, dimana ke-72 orang tersebut merupakan populasi sekaligus dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dan menggunakan tiga teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis parsial. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel-variabel kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan atau bersama-sama maupun parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai Adjusted R 2 sebesar 0,359 artinya 35,9 % variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kualitas produk sedangkan sisanya sebesar 64,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel Perceived quality (kualitas yang dipersepsikan) (Xg) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,443 dan koefisien Beta sebesar 0,353. Diharapkan dari informasi yang diperoleh perusahaan hendaknya tetap konsisten menjaga kualitas produk dengan tujuan untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen agar menumbuhkan rasa loyal mereka terhadap suatu produk.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: -
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:51
Last Modified: 01 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226190
[thumbnail of RATIH PUSPITA DEWANTARI.pdf] Text
RATIH PUSPITA DEWANTARI.pdf

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item