Penerapan CAPM Untuk Menentukan Saham Yang Efisien Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi Di BEJ Untuk Saham Yang Tercatat Di LQ45.

Mulyadi, Arrisqiatul Karimah and Prof. Dr. Drs. Made Sudarma, MM.,Ak. and Dra. Sumiati, MSi (2006) Penerapan CAPM Untuk Menentukan Saham Yang Efisien Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi Di BEJ Untuk Saham Yang Tercatat Di LQ45. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Risiko merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui dan dipertimbangkan oleh para investor maupun calon investor sebelum mengambil suatu keputusan investasi. Seorang investor yang rasional juga harus mempertimbangkan pendapatan (return) selain risiko yang dikandung dalam setiap altematif investasi yang direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah return sahamsaham individual pada perusahaan yang tercatat di LQ45 merupakan fungsi dari risiko sistematisnya sebagaimana yang dipostulasikan oleh CAPM. Maka dirumuskanlah sebuah hipotesis mayor yaitu bahwa terdapat hubungan yang linier dan positif antara risiko sistematis dan expected return sebagaimana yang dipostulasikan oleh CAPM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan analitis, yang bertujuan untuk memperoleh suatu deskripsi yang dapat dipercaya dan berguna tentang suatu hal dengan cara menguji hipotesis. Sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deduktif dan replikatif, yang bertujuan untuk menguji hipotesis melalui validasi teori dan mengacu pada penelitian-penelitian sebelumnya. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling dengan judgment sampling. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan regresi linear berganda dan uji beda. Hasil seleksi awal berdasarkan kriteria rate of return saham lebih besar dari return bebas risiko dan beta lebih besar dari nol, dari 31 saham perusahaan LQ45 yang menjadi sampel diperoleh 24 saham. Sedangkan pemilihan saham efisien berdasarkan CAPM dari 24 saham terpilih diperoleh 18 saham efisien dan 6 saham tidak efisien. Hasil analisis dari saham-saham efisien menunjukkan bahwa secara simultan baik risiko sistematis maupun risiko tidak sistematis berpengaruh secara signifikan terhadap expected return. Sedangkan secara parsial hanya risiko sistematis yang berpengaruh secara signifikan terhadap expected return. Kesimpulan dari penelitian ini adalah return saham-saham individual pada perusahaan yang tercatat di LQ45 pada periode penelitian merupakan fungsi dari risiko sistematisnya sebagaimana yang dipostulasikan oleh CAPM. Saran penting bagi para investor agar supaya memperhatikan adanya risiko sistematis, dan dapat digunakannya CAPM sebagai salah satu pertimbangan untuk melakukan seleksi dalam memperoleh saham efisien.

English Abstract

Risk is something important that both investors and potential investors must have before taking investment decisions. A rational investor must take the return rates and risks inherent in the planned investment alternatives. The purpose of the study to know individual stock’s return in LQ45 is function of systematic risk as which by CAPM. Hence formulated a major hypothesis that is there are positive and linear among systematic risk and expected return as which by CAPM. The type of the study is a analytical and descriptive research, with aim to get a description which earn to be trusted and good for concerning a matter by testing hypothesis. While nature of from this research is deductive and replicative, with aim to test hypothesis through theory validation and relate at research before all. Concerning sampling was done by purposive technique with judgment sampling. Data analyze testing hypothesis was done with multiple linear regression analyze and discriminant analyze. The result of the initial selection based on the criteria of expected returns being larger than risk-free returns and beta-coefficient being larger than zero result in 24 of 31 company stock sampling. While election of efficient stocks pursuant to CAPM from 24 obtained by 18 efficient stocks and 6 in-efficient stocks. The result of analyze from efficient stocks show, simultaneously the systematic risk and un-systematic risk have a significant influence on the expected returns. Meanwhile, partially only systematic risk have a significant influence on the expected return. The research conclusion is the individual stock’s return in LQ45 at period of study are function of systematic risk as which by CAPM. It can be suggested that investors in order to attentive the systematic risk, and can be CAPM to one more judgment for seletion to get efficient stocks.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040602
Uncontrolled Keywords: risiko sistematis, risiko tidak sistematis, CAPM.
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:40
Last Modified: 01 Aug 2024 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226181
[thumbnail of ARRISQIATUL KARIMAH MULYADI.pdf] Text
ARRISQIATUL KARIMAH MULYADI.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item