Analisis Faktor Individu Dan Bauran Pemasaran Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Kesehatan Di Kotamadya Malang

Arifin, - and Prof. Dr. H. Eka Afnan Troena, SE and Armanu Thoyib, SE, MSc, Ph.D. (2001) Analisis Faktor Individu Dan Bauran Pemasaran Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Kesehatan Di Kotamadya Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, 6 Januari 2001. Analisis Faktor lndividu Dan Bauran Pemasaran Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Kesehatan Di Kotamadya Malang. Komisi Pembimbing, Ketua: Eka Afnan Troena, Anggota: Armanu Thoyib. Kondisi tubuh yang fit dan prima merupakan harapan dan dambaan setiap orang. Berbagai cara dilakukan orang untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima tersebut. Diantaranya dengan mengkonsumsi minuman kesehatan yang menawarkan energi dan vitalitas yang tinggi bagi pemakainya. Keberhasilan menciptakan image bahwa minuman kesehatan dapat menambah vitalitas semakin meningkatkan penjualan produk tersebut. Akibatnya banyak perusahaan tertarik masuk dalam bisnis ini, sehingga tingkat persaingan semakin tinggi. Pemahaman terhadap perilaku konsumen, terutama berbagai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembeliannya, menjadi hal yang esensial agar tetap dapat eksis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor individu dan faktor bauran pemasaran, dan faktor utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian minuman kesehatan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 115 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Variabel yang dianalisis sebanyak 19 variabel tersebar dalam lima faktor. Analisis data dilakukan dengan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Terdapat 8 faktor yang memiliki eigenvalue >1 dengan total varian sebesar 66,8 % yang dibentuk dari 16 variabel. Kedelapan faktor yang menjadi pertimbangan konsumen tersebut adalah: faktor rasa dan harga, faktor gagasan konsumen, faktor promosi, faktor kelas sosial, faktor usia, faktor karakteristik produk, faktor manfaat, dan terakhir faktor olah raga. 2). faktor yang paling dipertimbangkan adalah faktor rasa dan harga yang x memiliki varian terbesar yaitu 18,1 %, artinya faktor ini mampu menjelaskan variasi data sebesar 18,1 % . Temuan penelitian ini dapat digunakan produsen minuman kesehatan sebagai dasar dalam merancang suatu strategi pemasaran yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing dan loyalitas konsumen.

English Abstract

Postgraduate Program Brawijaya University, January 6, 2001. Analysis of Individual and Marketing Mix Factors Being Considered by Consumers in Purchasing Health Drink in Malang Municipality. Supervisor: Eka Afnan Troena, Co-supervisor: Armanu Thoyib. A good and fit condition of the body is ideal to everyone. Various ways are done to acquire this condition. One of the ways is by consuming health drinks that will give energy and vitality to the consumers. The success in creating the image that the health drink could give vitality makes the product’s selling increase. As a result, many firms are interested in entering the business that increases the competition tightness. Understanding the consumer behavior, especially the factors affecting the consumers in purchasing decision process, becomes essential to the firms to exist in the competition. The aims of the research are to identify the factors of individual and marketing mix as well as to know the most dominant factor being considered by the consumer in purchasing the health drink. The sample comprised 115 respondents selected by accidental sampling. Nineteen variables were analyzed in 5 factors. The data collected were analyzed by factor analysis. The results of this study show that: 1) there were 8 factors resulted from the 16 variables with an eigenvalue of >1 and a total variance of 66.8 %. The eight factors being considered by consumers comprised: taste and price factor, consumer idea factor, promotion factor, social class factor, age factor, product’s characteristic factor, usage factor, and finally sport factor. 2) The most dominant factor being considered was taste and prices factor having the biggest variance of 18.1 %. It means that the factor was able to explain the data variance of 18.1 %. The research result can be used as a base in planning the integrated marketing strategy for the producer of health drinks in attempt of enhancing the competitive potential and consumer’s loyalty.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040102
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:23
Last Modified: 01 Aug 2024 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226172
[thumbnail of ARIFIN.pdf] Text
ARIFIN.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item