Reaksi Pasar Dan Informasiasimetriterhadap Tindakan Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efekjakarta

Cahyati, Ari Dewi and Dr. H/M. Nizarul Alim, SE.,M.Si.,Ak. and Zaki Baridwan,, SE.,M.Si.,Ak. (2004) Reaksi Pasar Dan Informasiasimetriterhadap Tindakan Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efekjakarta. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perhatian investor pada angka laba tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan telah mendorong manajemen untuk melakukan earning manajemen, salah satu bentuk earnings manajemen adalah perataan laba. Perataan laba merupakan usaha untuk mengurangi variabilitas laba selama beberapa periode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji reaksi pasar dan informasi asimetri terhadap tindakan perataan laba disekitar tanggal pengumuman laba perusahaan serta menguji pengaruh informasi asimetri terhadap harga saham. Sampel yang digunakan adalah perushaan dengan indeks Eckel kurang dari satu (yang mengindikasikan praktik perataan laba). Menggunakan metode purposive sample penelitian ini menguji 39 perusaahn yang terdaftar di BEJ. Reaksi pasar diuji dengan menggunakan CAR selama 5 hari disekitar tanggal pengumuman laba perusahaan, sedangkan asimetri informasi diuji dengan menggunakan bid-ask spread disekitar tanggal pengumuman laba perusahaan. Analisis uji beda digunakan untuk melakukan pengujian atas reaksi pasar dan informasi asimetri di sekitar tanggal pengumuman laba perusahaan, sedangkan analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji pengaruh informasi asimetri terhadap harga saham. Keseluruhan hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa 1) terdapat praktik perataan laba di Bursa efek Jakarta 2) Terdapat perbedaan yang signifikan reaksi pasar dan informasi asimetri di sekitar tanggal pengumuman laba perusahaan. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan informasi asimetri terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 040402
Uncontrolled Keywords: pengumuman laba, perataan laba, reaksi pasar, informasi asimetri, harga saham.
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:38
Last Modified: 31 Jul 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/226118
[thumbnail of ARI DEWI CAHYATI.pdf] Text
ARI DEWI CAHYATI.pdf

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item