Sudiyarto, - (2005) Perilaku Konslmen Dalam Perspektif Daya Saing Blah Lokal Terhadap Blah Impor (Studi Perilaku Konsumen Buah Apel, Jeruk, Dan Anggur Di Kota Surabaya). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumen memegang peranan penting dalam penentuan apakah suatu produk memiliki keunggulan atau tidak. Membanjirnya buah impor berdampak pada persaingan yang ketat antara buah lokal dengan buah impor. Meski buah lokal penampilannya kalah bersaing dibanding buah impor, namun konsumen (khususnya kota) adalah penentu akhir yang bertindak sebagai juri untuk menilai jenis buah apa yang lebih unggul melalui penilaian multiatribut. Penelitian ini bertujuan (1). Menganalisis pengaruh faktor-faktor : budaya, lingkungan sosial, individu, psikologis dan strategi pemasaran terhadap konsumen dalam membeli buah. (2). Menganalisis atribut-atribut utaffia yang terdapat pada produk buah yang menjadi piiihan konsumen dan (3). Menganalisis ‘daya saing’ buah lokal terhadap buah impor. Penelitian ini didilakukan di kota Surabaya yang ditentukan secara sengaja karena merupakan salah satu tujuan akhir pemasaran buah dengan responden konsumen buah dan menggunakan metode survei. Sample yang diambil sebanyak 140 responden yang berasal dari 5 (lima) wilayah kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan langsung pada beberapa obyek penelitian. Tujuan pertama dianalisis dengan model persamaan structural (Structural Equation Modelling - SEM), sedangkan tujuan kedua dan ketiga menggunakan analisis sikap kepercayaan konsumen terhadap multiatribut Metode Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap sikap kepercayaan konsumen dalam membeli buah. Pada buah lokal, budaya berpengaruh signifikan, lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan, individu tidak berpengaruh signifikan, psikologi konsumen berpengaruh signifikan dan Strategi pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen dalam membeli buah lokal. Pada buah impor, budaya berpengaruh signifikan, lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan, individu berpengaruh signifikan, psikologi konsumen tidak berpengaruh signifikan dan Strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen dalam membeli buah Impor. Berdasar analisis sikap kepercayaan konsumen (metode Fishbein) terhadap multiatribut buah apel, jeruk dan anggur menunjukkan bahwa terdapat atribut-atribut tertentu yang dipilih oleh konsumen. Pada buah apel atribut yang dianggap paling penting adalah, ‘kesegaran', ‘vitamin’ dan ‘rasa’. Konsumen percaya bahwa apel lokal maupun impor mengandung vitamin, sedangkan harga apel lokal ‘murah’ namun harga apel impor ‘sangat mahal’. Buah apel impor memiliki daya saing yang lebih unggul dibandingkan buah apel lokal. Atribut yang dianggap paling penting pada buah jeruk adalah : ‘kesegaran 1 ; ‘vitamin’ dan ‘rasa’. Konsumen percaya bahwa jeruk lokal maupun impor mengandung vitamin, sedangkan harga jeruk lokal ‘murah’ namun harga jeruk impor ‘sangat mahal’ dan konsumen percaya bahwa jeruk lokal lebih ‘segar’ dibandingkan jeruk impor.. Buah jeruk impor memiliki daya saing yang lebih unggul dibandingkan buah jeruk lokal. Atribut yang dianggap paling penting pada buah anggur adalah : ‘kesegaran’; ‘rasa’ kemudian ‘vitamin’. Konsumen percaya bahwa anggur lokal maupun impor sikap mengandung vitamin, sedangkan harga anggur lokal ‘murah’ namun harga anggur impor 'sangat mahai’, disamping itu konsumen percaya bahwa anggur lokal lebih ‘segar’ sedangkan anggur impor unggul dalam hal ‘rasa’ (manis). Buah anggur impor memiliki daya saing yang lebih unggul dibandingkan buah anggur lokal. Buah (apel; jeruk dan anggur) impor memilki daya saing yang lebih unggul bila dibandingkan buah lokal. Kontribusi teoritis dalam pengembangan llmu Ekonomi Mikro, khususnya Perilaku Konsumen adalah bahwa ternyata dalam penelitian menunjukkan : (1). Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk; (2). Preferensi dan faktor lain bukanlah hal yang ceteris paribus, tetapi justru menunjukkan berpengaruh kuat dalam permintaan konsumen; (3). Dalam memaksimumkan kepuasannya seorang konsumen ternyata tidak hanya menghadapi kendala harga produk dan pendapatannya saja, tetapi juga atribut-atribut produk (misalnya : kualitas produk). Kontribusi penelitian dalam bidang llmu Perilaku (Psikologl ) Konsumen, khususnya Analisis Sikap, dalam penelitan telah menunjukkan bahwa analisis sikap konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang melatar-belakangi pembelian. Penggunaan analisis sikap kepercayaan konsumen selama ini hanya digunakan untuk membandingkan minat konsumen terhadap dua jenis ‘merek’ produk, namun dalam penelitian ini sekaiigus membandingkan daya saing kedua produk tersebut.. Kontribusi penelitian dalam bidang llmu Pemasaran, khususnya analisis Daya Saing, bahwa selama ini analisis keunggulan komparatif mengacu pada nilai harga-harga sosialnya (ekonomi), sedangkan keunggulan kompetitif ini mengacu pada nilai harga finansial (harga yang beriaku). Dalam penelitian ini keunggulan kompetitif mengacu pada teori keunggulan kompetitif dari Michel Porter tentang strategi ‘diferensiasi’ dengan menjabarkan dalam bentuk membandingkan dua produk atas dasar penilaian sikap kepercayaan konsumen terhadap multiatribut produk tersebut. Multiatribut buah meliputi harga; rasa dan penampilan (warna; kesegaran; ukuran dan kemasan). Implikasi kebijakan tentang produk buah agar memiliki daya saing terhadap buah impor meliputi : a). Bagi pemerintah (1). mendorong lembaga riset pertanian untuk menghasilkan produk buah yang rasanya manis dan penampilannya menarik (2). Mengendalikan volume maupun jenis buah yang diimpor; dan (3). Melakukan sosialisasi tentang keunggulan buah lokal. Sedangkan b). bagi kalangan swasta pelaku agribisnis buah-buahan agar menempuh strategi bauran pemasaran (4P/ product; price; promotion; place) yang lebih jitu agar dapat bersaing dengan buah impor.
English Abstract
Consumers have important role in determination whether one product has superiority or not. The overflowing or import fruits affected to a strong competition between local and impor fruits. Although local fruit seemingly lost in the competing with import fruits, however the consumer (especially city consumer) is the final determiner who act the jury to judge the kind of fruit that is superior through multi attribute judgement. The research objected : (1). to analyze the influece of the factors culture, social enviroment, individual, psychological and marketing strategy toward consumer’s attitude in purchasing fruits, 2). to analyze main attributes in fruits product by consumer and (3). to analyze ‘competitive value’ of local fruit toward impor fruits. This research purposely conducted in Surabaya as one of the final dewstinations for fruit marketing with fruit’s consumer as a respondent and using survey methode. Sample taken of 140 responden from five Surabaya areas. Data collection conducted in interviews and direct obsevation toward several research object. The first objective is analyzed by Structural Equation Modelling (SEM), as for second and third objective by the analysis on consumer’s trust attitude toward the multi attribute of Fishbein Methode. The research result shows that not all variables influenced significally toward the consumer’s trust in purchasing fruits. To local fruits, culture influenced significally, social inviroment is not influenced significally, individual influenced significally, consumer psychology influenced significally and marketing strategi is not influenced significally. On import fruits culture influenced significally, social inviroment is not influenced significally, individual influenced significally, consumer psychology is not influenced significally and marketing strategi influenced significally. Based on the analysis on consumer’s trust attitude (Fishbein Method) toward the multiatribute of apple, orange and grape show that there are attribute chosen by the consumer. On apple the most important attribute are ‘freshness’, ‘vitamin’ and ‘taste’. Consumer believe that the local or import apples contain vitamin, and consumer believe that the local apple is ‘cheap’ but import apples is ‘very expensive’. The impor apples have a competitive advantage value than local apple. The most important attributes in orange are ‘freshness’, ‘vitamin’ and ‘taste’. Consumer believe that the local or import orange contain vitamin, and consumer believe that the local orange is ‘cheap’ but import orange is ‘very expensive’ and consumer believe that the local orange more ‘fresh’ than import orange. The impor orange have a competitive advantage value than local orange. The most important attributes in grape are ‘freshness’, ‘taste’ and then ‘vitamin’. Consumer believe that the local or import grapes contain vitamin, and consumer believe that the local grape is ‘cheap’ but import grape is ‘very expensive’ beside that the consumer believes that the local grape more ‘fresh’ than import grape meanwhile import grape is superior in taste (sweet). The impor grape have a competitive advantage value than local orange. The impor fruits (apple; orange and grape) have more competitive advantage value compare local fruits. Theoretical contribution in development of Micro Economic Science, especially the Consumer Behavior that in the research it is propen: 1. Many other factors escept the factors of price and income that influenced consumer in purchasing products; 2. Prerence and other factor is not ceteris paribus but it proven to have strong influence in consumer demand; 3. In miximising one’s satisfaction consumer is not only face obstale in product price and income, but also other attributes (such as product quality). Other contribution in the field of consumer behavior (Physhology), especially attitude analysis, the research has proven that the analysis of consumer attitude also influenced by factors that causes the act of purchasing. The usages of analysis of consumer trust attitude has been used only to compare the consumer interest toward two kind of product ‘label’, however in this research it also compare the competitive value of the two products. Research contribution in Marketing science, especially the analysis of Competitive Advantage, that in these days the analysis of coparative superiority refer the the value of social prices (economy), meanwhile the competitive advantage refer to the financial prices (valid prices). In this research the competitive superiority refer to Competitive Advantage Theory of Michel Porter about the ‘diferentiation’ on consumer’s trust attitude toward the multy atribute of the product. The multy attribute of fruit consist of price; taste and seemingly performance (colours; freshing; size and packaging). The implication of policy about fruit product in order to hava competitive advantage toward the import fruit consists of : a). For the government to support the agriculture research institution (1). to produce fruit product with sweet; taste; and interesting appearance; (2). To control the volume of imported fruits and kind of imported fruits, and (3). To conduct socialization about the superiority of local fruit. Meanwhile, b). For the private businessmen of fruit agribusiness so that the follow more precise the marketing mix strategy (4 P/ product; price; promotion; place) in order to compete with import fruits.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | - |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225968 |
Text
S L D I Y A R T O.pdf Download (49MB) |
Actions (login required)
View Item |