Rahadi, Dedi Rianto (2004) Analisis Pcngaruh Sikap dan Kepuasan Tcrhadap Pcncrimaan Teknologi Informasi pada Industri Pcrbankan di Jawa Timur. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
n Teknologi Informasi oleh nasabah. Untuk mengukur Penerimaan Teknologi Informasi digunakan dua model, yaitu Penerimaan Teknologi dan Kepuasan Pemakai Akhir Komputer. Tujuan dari penelitian adalah, pertama untuk mengetahui besarnya pengaruh “Persepsi Manfaat Dirasakan” dan “Persepsi Mudah Penggunaan” terhadap “Sikap Menggunakan Teknologi Informasi” serta “Penerimaan Teknologi Informasi” terhadap “Kepuasan Pemakai Akhir Komputer”. Kedua untuk mengetahui besarnya pengaruh “Persepsi Mudah Penggunaan” terhadap “Persepsi Manfaat Dirasakan” serta “Sikap Menggunakan Teknologi Informasi” terhadap “Penerimaan Teknologi Informasi”. Jenis penelitian ini adalah Explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan pengaruh atau hubungan beberapa variabel. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah internal manajemen (pengambil keputusan dan staf operasional) dengan sample sebanyak 118 orang dan Nasabah Perbankan dengan sampel sebanyak 125 orang pada Industri Perbankan di Jawa Timur. Untuk menguji pengaruh dari masing-masing variabel digunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) (AMOS 4.01). Temuan Hasil Penelitian, Ada perbedaan dan persamaan hasil antara Internal Manajemen dan Nasabah Perbankan. Persamaannya adalah, “Penerimaan Tl” dipengaruhi “Sikap Menggunakan Tl”. “Persepsi Mudah Penggunaan” berpengaruh pada “Persepsi Manfaat Dirasakan”. Perbedaannya adalah, “Sikap Menggunakan Tl” tidak dipengaruhi “Persepsi Manfaat Dirasakan” dan “Persepsi Mudah Penggunaan”. “Penerimaan Tl” tidak berpengaruh terhadap “Kepuasan Pemakai Akhir Komputer”. Perbedaan tersebut muncul akibat persepsi yang berbeda antara Internal Manajemen dan Nasabah Perbankan terhadap Penerimaan Tl. Rekomendasi , Perbankan dapat menumbuhkan sikap percaya dan membudayakan penggunaan Tl bagi nasabah. Kepuasan dapat diterima secara maksimal apabila perbankan dapat menerapkan strategi berupa penggunaan Tl yang berwawasan serta sumber daya manusia yang profesional.
English Abstract
n Technology by customer. Thus, to measure the acceptance of Information Technology, this research has combined The Technological Acceptance Model (TAM) and The End User Computer Satisfaction (EUCS). The main objectives of this research are (1) to analyze effect of “Perceived Ease of Use” and Perceived Usefulness attitude on the use of Information Technology and also the influence of “Information Technology Acceptance” on the “End User Computer Satisfaction”, (2) to know influence of “Perceived Ease of Use” on the “Perceived Usefulness” and also the influence of “the Attitude of Using Information Technology” on “the Acceptance of Information Technology”. This research is Explanatory research, in which its goal is to explain the influences or the relationship among variables. The respondents of this research are the internal management of the banking industries (the decision makers and the operational staffs) with samples of 118 individuals and the bank customers with samples of 125 individuals in the Banking industries at the East Java province. Structural Equation Modeling (SEM) (AMOS 4. 01) analysis technique used to test the influence of each variable. There are differences and similarities in results obtained between the respondents of the Internal Managements the bank Customers. The similarities are that, the “Acceptance of IT” influenced by the “Attitude toward Using IT”. “Perceived Ease of Use” influence “Perceived Usefulness”. The differences are the “Attitude toward Using IT” not influence by “Perceived Usefulness” and “Perceived Ease of Use”. The “Acceptance of IT not influence the “End user Computing Satisfaction”. The Differences occur because of the result in different perception between the respondents from the Internal Management and from the bank customers on the acceptance of IT. It is recommended, that the Banking industries can develop the trust attitude and socialization of using IT to their customers. Satisfaction can be obtained maximally if banking industries can apply strategy in the form of visionary use of IT and professional human resources
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | - |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:56 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225901 |
Text
Dedi Rianto Rahadi.pdf Download (36MB) |
Actions (login required)
View Item |