Evaluasi Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Image pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Malang

Hidayanti, Rista Destiana and Karisma Sri Rahayu, S.S.T.,MAB (2024) Evaluasi Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Image pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi membawa teknologi terus berkembang pesat dan canggih diiringi dengan perkembangan sistem informasi yang berinovasi, hal ini mempengaruhi penggunaan sosial media yang kini banyak dimanfaatkan dalam aktivitas pribadi maupun aktivitas perusahaan. Salah satu peran sosial media yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai media pemasaran dan branding perusahaan. Admin akun Instagram di PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Malang telah memanfaatkan sosial media Instagram sebagai strategi pemasaran dan branding perusahaan. Namun jika dibandingkan dengan kompetitor lain yang bergerak dalam jasa kurir dan logistik di daerah Malang, akun @posind_malang memiliki followers paling sedikit. Followers yang dirasa masih sedikit ini berpengaruh terhadap interaksi yang terjadi di dalamnya seperti like, comment, dan share juga masih cenderung sedikit sehingga kurang efektif. Interaksi yang kurang efektif tersebut terjadi dikarenakan kurangnya kreativitas dalam pembuatan konten dan kurangnya pemanfaatan fitur-fitur yang ada di Instagram seperti feeds, snapgram, reels, igtv, igshop, filter pada kamera, dan Instagram Ads. Padahal PT Pos Indonesia memiliki banyak layanan yang seharusnya memerlukan Instagram sebagai media promosinya dalam meningkatkan brand image. Berdasarkan temuan di atas, maka perlu dilakukan evaluasi penggunaan media sosial Instagram dalam meningkatkan brand image pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Malang, dengan metode penyelesaikan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Didukung dengan teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, perencanaan, dan evaluasi. Hasil dari evaluasi tersebut menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan sebagai media pemasaran dan branding lebih condong ke pemasaran digital (digital marketing) dan menggunakan aplikasi mobile. Serta juga melakukan evaluasi berdasarkan indikator strategi brand image dan sub-indikator pada akun @posind_malang seperti postingan feeds, caption, instastory, hingga konten video di fitur reels. Pengunggahan postingan konten yang menarik dan pemanfaatan fitur-fitur yang ada dilakukan agar bisa lebih menarik perhatian masyarakat serta menciptakan interaksi dengan pengguna lain sehingga branding terus terjadi dan dapat meningkatkan brand image pada PT. Pos Indonesia (Persero) KCU Malang.

English Abstract

The era of globalization brings technology continues to grow rapidly and sophisticated accompanied by the development of innovative information systems, this affects the use of social media which is now widely used in personal activities and corporate activities. One of the most important roles of social media is as a marketing and branding medium for companies. The Instagram account admin at PT Pos Indonesia (Persero) KCU Malang has utilized Instagram social media as a marketing and branding strategy for the company. However, when compared to other competitors engaged in courier and logistics services in the Malang area, the @posind_malang account has the fewest followers. Followers who are still small have an effect on the interactions that occur in it such as likes, comments, and shares also tend to be small so that they are less effective. These ineffective interactions occur due to lack of creativity in content creation and lack of utilization of existing features on Instagram such as feeds, snapgrams, reels, igtv, igshop, filters on the camera, and Instagram Ads. Even though PT Pos Indonesia has many services that should require Instagram as a promotional medium in improving brand image. Based on the above findings, it is necessary to evaluate the use of Instagram social media in improving brand image at PT Pos Indonesia (Persero) KCU Malang, with the completion method using qualitative methods with a descriptive approach. Supported by data collection techniques through the process of observation, interviews, and documentation. The research stages are carried out starting from data collection, data processing, planning, and evaluation. The results of the evaluation show that the strategies carried out as marketing and branding media are more inclined to digital marketing and use mobile applications. And also evaluate based on brand image strategy indicators and subindicators on @posind_malang accounts such as feeds posts, captions, instastory, and video content in the reels feature. Uploading interesting content posts and utilizing existing features is done in order to attract more public attention and create interactions with other users so that branding continues to occur and can improve the brand image of PT Pos Indonesia (Persero) KCU Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Marketing, Media Sosial, Instagram, Brand Image, Branding
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:31
Last Modified: 18 Sep 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225849
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RISTA DESTIANA HIDAYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item