Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (Siladamas) Di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban

Putri, Risma Novia Distantiara and Auliya Az Zahra, S.AB., M.M (2024) Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (Siladamas) Di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi mulai diterapkan di berbagai instansi pemerintahan seluruh Indonesia, salah satunya adalah Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Pada prakteknya Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban memadukan sistem informasi dengan sebuah layanan, inovasi layanan tersebut bernama Sistem Informasi Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS). SILADAMAS merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola administrasi pasar secara elektronik. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi Sistem Informasi Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS) di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak diterapkannya website SILADAMAS pada tahun 2018, dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan manajemen pasar daerah di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban, yang mana sebelum adanya website SILADAMAS, pengelolaan data pedagang masih dilakukan secara manual dan juga sistem pembayaran retribusi pasar juga masih belum terkontrol dengan baik. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa website SILADAMAS sudah baik tetapi masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki serta memaksimalkan guna menunjang efektivitas serta produktivitas dalam kegiatan pengelolaan administrasi. Oleh karena itu, penting bagi Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban untuk selalu mengevaluasi website SILADAMAS

English Abstract

Technology began to be applied in various government institutions throughout Indonesia one of which is the Tuban Regency Cooperatives, Small and Medium Enterprises and Trade Service. In practice, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban combines an information system with a service, the service innovation is called the Market Community Service and Empowerment Information System (SILADAMAS). SILADAMAS is a web-based information system used to manage market administration electronically. This final assignment aims to describe the evaluation of the Information System for Market Community Services and Empowerment (SILADAMAS) at the Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban. The type of research used in this research is qualitative research with a descriptive approach method. The data analysis technique in this research uses descriptive model data analysis which consists of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions through interviews, observation and documentation studies. The results of the research show that since the implementation of the SILADAMAS website in 2018, it has been able to overcome problems that occurred in the management of regional market management at the Dinas Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah Dan Peerdagangan Kabupaten Tuban, where before the existence of the SILADAMAS website, trader data management was still done manually and Also, the market levy payment system is still not well controlled. From the results of this research, it can be seen that the SILADAMAS website is good but still has several shortcomings that need to be corrected and maximized to support effectiveness and productivity in administrative management activities. Therefore, it is important for the Dinas Koperasi, Usaha kecil Dan Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Tuban to always evaluate the SILADAMAS website

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penggunaan Sistem Informasi, Sistem Informasi Pelayanan Dan pemberdayaan Masyarakat Pasar (SILADAMAS)-Evaluation, Information Systems, SILADAMAS
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:30
Last Modified: 18 Sep 2024 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225839
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Risma Novia Distantiara Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item