Strategi Konten Marketing Menggunakan Metode Smart Untuk Meningkatkan Engagement Rate Pada Akun Tiktok @Oeste.Id

Natania, Shafira and Bayu Sutawijaya, S.Kom., M.Kom. (2024) Strategi Konten Marketing Menggunakan Metode Smart Untuk Meningkatkan Engagement Rate Pada Akun Tiktok @Oeste.Id. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia modern saat ini semakin dipengaruhi oleh media sosial, dimana berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua memanfaatkannya untuk kebutuhan bisnis digital. Digital marketing mulai menjadi tren dengan pemanfaatan konten untuk menarik target audience dan mendorong interaksi. Penggunaan TikTok sebagai platform media sosial berbasis video kini menjadi pilihan strategis bagi pebisnis, terutama di Indonesia yang didominasi oleh millenial dan Gen-Z. Oeste.id, perusahaan fashion muslimah, menggunakan TikTok untuk memasarkan produknya, dengan strategi content marketing untuk meningkatkan interaksi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi content marketing yang sesuai untuk akun TikTok Oeste.id dengan perencanaan konten interaktif yang mengacu pada data demografis akun perusahaan Penelitian ini dilakukan di dua tempat yaitu di lokasi mitra Oeste.id yang berada di Sidoarjo dan di Malang, dikarenakan proses pembuatan konten dilakukan secara hybrid dan waktu pengambilan data pada tugas akhir ini dimulai pada bulan Januari 2023 hingga bulan Maret 2023. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan fokus pada metode SMART dan KPI untuk mengukur keberhasilan pemasaran. Data engagement yang dianalisis meliputi likes, comments, shares, saves, dan video views. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan engagement rate akun TikTok @oeste.id dari 0,9% menjadi 18% setelah optimasi selama satu bulan dengan kategori saves memiliki engagement rate tertinggi dengan rata-rata 10%, menunjukkan konten edukasi diminati audience. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa optimasi akun TikTok dengan strategi content marketing dan evaluasi berkala dapat meningkatkan engagement rate dan reach akun secara signifikan

English Abstract

Today's modern world is increasingly influenced by social media, where various groups ranging from young people to the elderly use it for digital business needs. Digital marketing is starting to become a trend with the use of content to attract target audiences and encourage interaction. Using TikTok as a video-based social media platform is now a strategic choice for business people, especially in Indonesia which is dominated by millennials and Gen-Z. Oeste.id, a Muslim fashion company, uses TikTok to market its products, with a content marketing strategy to increase consumer interaction. This research aims to find out the appropriate content marketing strategy for the Oeste.id TikTok account by planning interactive content that refers to the demographic data of the company account. This research was carried out in two places, namely at Oeste.id partner locations in Sidoarjo and in Malang, and the data was gathered from January through March 2023 for this final project. Data was obtained through interviews, observation and documentation, with a focus on the SMART and KPI methods for measuring marketing success. Engagement data analyzed includes likes, comments, shares, saves and video views. The research results show an increase in the engagement rate of the TikTok account @oeste.id from 0.9% to 18% after optimization for 1 months with the saves category having the highest engagement rate with an average of 10%, indicating that educational content is of interest to the audience. Overall, this research shows that optimizing a TikTok account with a content marketing strategy and regular evaluation can significantly increase the engagement rate and account reach

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Konten Marketing, Tiktok, Metode SMART, KPI, Engagement Rate
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:12
Last Modified: 17 Sep 2024 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225829
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shafira Natania.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item