Evaluasi Penerapan Perpustakaan Keliling Sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan Kabupaten Cilacap

Putri, Septia Adinda Regita and Tri Mega Asri, S.Sos, M.I.Kom (2024) Evaluasi Penerapan Perpustakaan Keliling Sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan Kabupaten Cilacap. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Layanan perpustakaan keliling merupakan salah satu bagian dari pelayanan perpustakaan umum atau daerah yang mendatangi pembaca dengan menggunakan kendaraan. Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi salah satu Program Dinas Perpustakaan Kabupaten Cilacap yaitu meningkatkan layanan perpuaskaan keliling daerah kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa Wawancara dan Observasi. Sumber data yang diperoleh berasal dari petugas perpustakaan keliling, dan pemustaka perpustakaan keliling daerah Cilacap. Penelitian ini menggunakan model Evaluasi Analisis Sistem (System Analysis Evaluation Model) atau sering disebut dengan Management Evaluation Model, dengan tahapan proses dan keluaran. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukan bahwa layanan perpustakaan keliling daerah kabupaten Cilacap sudah baik dan maksimal dalam pelaksaannya. Namun terdapat beberapa kekurangan dalam tahap pelaksanaannya. Pada tahapan Process, aspek yang belum optimal yaitu perpustakaan keliling belum memiliki SOP (Standar Operational Prosedur), kurangnya minat membaca ditempat, dan pinjam meminjam koleksi di perpustakaan keliling. Pada tahapan output, aspek yang belum optimal yaitu survai kepuasan pengunjung yang diadakan satu tahun sekali. Berdasarkan penelitian tersebut, direkomendasikan kepada pengurus perpustakaan keliling daerah kabupaten Cilacap untuk membuat Standar Operational Prosedur, lebih mempromosikan lagi jadwal perpustakaan keliling kepada masyarakat. Pada aspek kinerja perpustakaan keliling diharapkan dapat menjadi sarana pelayanan pendidikan tambahan yang lebih dapat diterima masyarakat luas khususnya pada kabupaten Cilacap.

English Abstract

Mobile library services are a part of public or regional library services that visit readers by vehicle. This article aims to evaluate one of the Cilacap Regency Library Service Programs, namely improving library services around the Cilacap Regency area. This research uses a qualitative approach with descriptive methods through data collection techniques in the form of interviews and observations. The data sources obtained came from mobile library users in the Cilacap area. This research uses a System Analysis Model (System Analysis Evaluation Model) ora often called the Management Evaluation Model, with process and output stages. It can be concluded from the results of this research as a whole that the mobile library service in the Cilacap area is good and optimal in its implementation. However, there are several shortcomings in the implementation stage. At the Process stage, aspects that where not optimal were that the mobile library did no have an SOP (Standard Operational Procedure), lack of interest in reading on site, and borrowing collections from the mobile library. At the output stage, the aspect that is not yet optimal is the visitor satisfaction survey which is held once a year. Based on this research, it is recommended that the Cilacap mobile library administrators create Standard Operational Procedures, further promoting the mobile library schedule to the public. In terms of the performance of the mobile, it is hoped that it can become a means of additional educational services tahat are more acceptable to the wider community, especially in Cilacap area.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Layanan Perpustakaan Keliling, Kabupaten Cilacap
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:10
Last Modified: 17 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225809
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
septia adinda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item