Perancangan Mobile Encyclopedia Gamelan Keraton Yogyakarta Sebagai Media Edukasi Menggunakan Model ADDIE

Putri, Raj Nabilla Sepviandra and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T. (2024) Perancangan Mobile Encyclopedia Gamelan Keraton Yogyakarta Sebagai Media Edukasi Menggunakan Model ADDIE. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesenian Gamelan Keraton Yogyakarta kaya akan informasi kebudayaan namun kurang ada inovasi digital untuk mengenalkannya kepada khalayak. Solusi yang diusulkan adalah pembuatan aplikasi mobile encyclopedia Gamelan Keraton Yogyakarta yang outputnya berupa build untuk smartphone Android. Metode yang digunakan adalah mix method penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi mobile sebagai media edukasi budaya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Ensiklopedia Gamelan Keraton Yogyakarta yang telah berhasil mencapai tahap Minimum Viable Product (MVP). Aplikasi ini telah diuji oleh para ahli dan mendapatkan nilai yang baik, menunjukkan efektivitasnya dalam menyampaikan informasi dan meningkatkan pemahaman pengguna tentang Gamelan Keraton Yogyakarta. Namun, perbaikan dan pengembangan lebih lanjut masih diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal dan memenuhi kebutuhan edukasi serta pelestarian budaya.

English Abstract

The art of Gamelan Keraton Yogyakarta is rich in cultural information but lacks digital innovation to introduce it to the public. The proposed solution is the creation of a mobile encyclopedia application for Gamelan Keraton Yogyakarta, with the output being a build for Android smartphones. The method used is a mix of qualitative and quantitative descriptive research with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research aims to design and develop a mobile application as a cultural education medium. The result of this research is the Gamelan Keraton Yogyakarta Encyclopedia application, which has successfully reached the Minimum Viable Product (MVP) stage. This application has been tested by experts and received high marks, demonstrating its effectiveness in conveying information and enhancing users' understanding of Gamelan Keraton Yogyakarta. However, further improvements and developments are needed to achieve optimal results and meet educational and cultural preservation needs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Gamelan Keraton Yogyakarta, Inovasi Budaya, Media Interaktif, Model ADDIE-ADDIE Model, Cultural Innovation, Gamelan Keraton Yogyakarta, Interactive Multimedia
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:09
Last Modified: 17 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225788
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
RAj NABILLA SEPVIANDRA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item