Fenny, Tarisa and Dr Widya Catherine, S.Pd., M.Pd. (2024) Investigating Students' Perceptions Of Digital Vs. Print Reading Materials. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian ini, persepsi siswa mengenai preferensi mereka terhadap bahan bacaan digital atau cetak dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah survei dengan desain deskriptif. Desain ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapat dan preferensi dari siswa mengenai kebiasaan membaca dan pengalaman mereka dengan bahan bacaan digital dan cetak. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dari 103 siswa kelas 12 (IPA, IPS, dan Bahasa) di SMAN 10 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyukai materi cetak dan digital, tetapi sedikit lebih menyukai materi digital. Mereka lebih menyukai membaca secara digital daripada membaca di atas kertas karena lebih mudah dan nyaman, meskipun mereka merasa nyaman dengan keduanya. Siswa menyukai desain yang menarik dari keduanya, tetapi konten digital lebih menarik bagi mereka. Mereka memahami bahwa keduanya penting untuk belajar bahasa Inggris, tetapi mereka lebih menyukai materi digital karena lebih mutakhir. Namun, mereka merasa lebih mudah mencatat dengan materi cetak. Studi ini menemukan bahwa sebagian besar siswa menyukai materi digital dan materi cetak, tetapi mereka sedikit lebih menyukai materi digital. Skor rata-rata untuk bahan bacaan digital adalah 3,92, sedangkan untuk bahan cetak adalah 3,68. Secara keseluruhan, mereka tidak merasa kedua format tersebut terlalu sulit, merasa materi digital lebih cepat diakses, tetapi merasa netral terhadap materi cetak. Meskipun para siswa mengakui manfaat sumber daya digital, preferensi mereka untuk belajar dari materi digital daripada cetak adalah netral.
English Abstract
In this study, students' perceptions regarding their preference for digital or printed reading materials were analyzed using a quantitative approach. The research design employed was a survey with a descriptive design. This design aimed to collect opinions and preferences from students regarding their reading habits and experiences with both digital and print materials. A questionnaire was used to gather data from 103 students in grade 12 (science, social science, and language studies) at SMAN 10 Malang. The study showed that most students liked both printed and digital materials, but slightly preferred digital ones. They enjoyed reading digitally more than on paper because it was easier and convenient, though they felt equally comfortable with both. Students liked the appealing design of both, but digital content intrigued them more. They understood that both were important for learning English, but they favored digital materials for being up-to-date. However, they found it easier to take notes with printed materials. The study found that most students liked both digital and printed materials, but they slightly favored digital ones. The mean score for digital reading materials was 3.92, while for printed materials, it was 3.68. Overall, they did not find either format too difficult, finding digital materials quick to access but feeling neutral towards printed ones. Although students recognized the benefits of digital resources, their preference for learning from digital materials over print was neutral.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Bahan Bacaan, EFL-Students’ Perception, Reading Materials, EFL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225771 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tarisa Fenny.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |