Camelia, Neysa and Dr. Zahroh Z.A., M.Si (2024) Optimalisasi Social Media Instagram Sebagai Media Promosi Pada PT Muliatransjawa. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi informasi telah mengubah lanskap dunia pemasaran dalam tahun terakhir. Pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional kini semakin terintegrasi dengan dunia digital. Salah satunya penggunaan social media Instagram sebagai media promosi yang dilakukan oleh PT Muliatransjawa dalam memasarkan produk berupa barang dan jasa dengan mengikuti perkembangan teknologi yang kian berkembang. Penulisan Tugas Akhir ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman pemasaran dengan efektif dan efisien yang lebih mendalam mengenai permasalahan ini dan dapat memberikan rekomendasi pengoptimalisasian social media khususnya media promosi pada PT Muliatransjawa. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti mengamati langsung subjek yang diteliti dengan melakukan wawancara terhadap pihak yang bersangkutan serta pembagian kuesioner berupa google form kepada para pengikut aktif Instagram PT Muliatransjawa. Dan juga dalam pengerjaan penulis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strength, weakness, opportunities, dan Threat dari perusahaan PT Muliatransjawa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu social media yang terbukti efektif dan efisien dalam mempromosikan suatu produk/jasa, dimana dalam melakukan pemasaran digital melalui platform Instagram ada beberapa point yang perlu diperhatikan yaitu dengan konsistensi konten yang berkualitas tinggi, memantau dan mengikuti trend, memanfaatkan fitur interaktif dan penguatan citra merek. Oleh karena itu, disarankan agar PT Muliatransjawa terus berinovasi dan memperbaiki dan dengan selalu melakukan evaluasi, memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh platform Instagram sendiri mereka dapat mengukuhkan posisi mereka serta memperkuat posisi mereka di pasar.
English Abstract
Information technology has changed the landscape of the marketing world in recent years. Marketing, which was previously traditional and conventional, is now increasingly integrated with the digital world. One of them is the use of social media Instagram as a promotional medium carried out by PT Muliatransjawa in marketing products in the form of goods and services by following increasingly developing technological developments. The aim of writing this final assignment is to provide a more in-depth understanding of effective and efficient marketing regarding this problem and to provide recommendations for optimizing social media, especially promotional media at PT Muliatransjawa. This type of research is descriptive qualitative. In this case, the researcher directly observed the subject under study by conducting interviews with the parties concerned and distributing questionnaires in the form of a Google form to active followers of PT Muliatransjawa's Instagram. And also in the process the author uses SWOT analysis to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats of the company PT Muliatransjawa The research results show that Instagram is one of the social media that has proven to be effective and efficient in promoting a product/service, where in carrying out digital marketing via the Instagram platform there are several points that need to be considered, namely consistent high quality content, monitoring and following trends, utilizing interactive features and strengthening brand image. Therefore, it is recommended that PT Muliatransjawa continue to innovate and improve and by always carrying out evaluations, utilizing the features provided by the Instagram platform itself, they can confirm their position and strengthen their position in the market.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Instagram, Optimalisasi, Promosi, Efektif dan Efisien, Analisis SWOT-Social Media, Instagram, Optimization, Promotion, Effective and Efficient, SWOT Analysis |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225741 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
NEYSA CAMELIA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |