Minat Pemilihan Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas Xii Lintas Minat Bahasa Jepang Sman 2 Malang

Labibah, Nadiyah Rahmania and Dr. Sri Aju Indrowaty, S.Pd., M.Pd. (2024) Minat Pemilihan Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas Xii Lintas Minat Bahasa Jepang Sman 2 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat siswa secara keseluruhan dan per indikator pembentukan minat. Slameto (2013, hal. 57) menyebutkan bahwa peserta didik tidak akan memperhatikan dan menerapkan materi baru tersebut jika mereka tidak mempunyai keinginan atau minat. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi Sequential Explanatory yang menganalisis data melalui metode kuantitatif dahulu dan diikuti oleh metode kualitatif untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam. Hasil yang didapatkan adalah 13 butir soal yang telah dibagikan dengan kuesioner menunjukkan keseluruhan minat siswa dalam kategori baik dengan persentase sebesar 69%. Hasil per indikator dengan total 5 butir indikator yaitu mengenal objek, kemauan atau kehendak, perasaan senang, rasa tertarik, dan perhatian juga seluruhnya termasuk dalam kategori baik dan sesuai dengan data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendukung hasil yang didapatkan sebelumnya.

Other obstract

本研究の目的は、生徒の興味が全体としてどのように形成されているのか、 またその指標を明らかにすることである。Slameto(2013, p.57)は、生徒が望んだ り興味を持たなければ、新しい教材に注目したり応用したりすることはないと述べ ている。本研究では、もっと深い結果を得るために、まず定量的にデータを分析 し、次に定性的にデータを分析する逐次説明結合法を用いている。対象認識、意 欲・欲求、快感、興味・関心、注意の計五つの指標項目からなる各指標項目の結果 も、いずれも良好なカテゴリーにあり、インタビューを通じて得られた質的データ と一致し、先に得られた結果を確認することができたんである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: minat siswa, mata pelajaran, bahasa Jepang.-生徒、興味、科目、日本語
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:01
Last Modified: 02 Oct 2024 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225726
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadiyah Rahmania Labibah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item