Weird Flex, But OK”: Pengaruh Perilaku Pamer Materialistik Terhadap Aspirasi Fame Pengguna TikTok

Purwantari, Salma Hazimzh Alfitria and Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D. (2024) Weird Flex, But OK”: Pengaruh Perilaku Pamer Materialistik Terhadap Aspirasi Fame Pengguna TikTok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekarang ini, banyak orang yang mengincar ketenaran melalui media sosial, khususnya TikTok, tanpa perlu susah payah. Salah satu hal yang mendorong hal tersebut adalah aspirasi materialistik yang dmiliki seseorang, salah satu diantaranya adalah aspirasi fame, yang dimana memainkan peran penting dalam penggunaan media sosial yang mendorong orang untuk mengejar ketenaran lewat harta, status, atau pengakuan dari orang lain. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada hubungan antara perilaku pamer di media sosial, terutama TikTok, dengan aspirasi fame yang ada dalam diri seseorang. Partisipan penelitian ini berupa pengguna aplikasi TikTok yang berusia minimal adalah 18 tahun, dengan jumlah total partisipan adalah 185 orang (M=21.20; SD=3.366). Penelitian ini merupakan eksperimen acak terkendali antar subjek dengan IV berupa jenis video (flexing, humble bragging, dan netral) dan DV berupa aspirasi materialistik, di mana partisipan dibagi menjadi kelompok eksperimen (flexing = 56, humble bragging = 68) serta kelompok kontrol (netral = 61). Peneliti menggunakan platform SurveyMonkey untuk menyajikan alat ukur penelitian kepada partisipan, dan juga memberikan video stimulus yang berbeda sesuai kelompok eksperimen (flexing, humble bragging, atau video netral). Partisipan lalu mengisi skala aspirasi materialistik (AI) milik Kasser & Ryan (1996). Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara perilaku pamer terhadap aspirasi materialistik fame (Sig = .256) yang dimiliki oleh seseorang.

English Abstract

Currently, many individuals pursue fame through social media, especially TikTok, without much effort. One driving factor is materialistic aspirations, notably the aspiration for fame, which plays a significant role in social media use, urging individuals to seek recognition through wealth, status, or acknowledgment from others. Therefore, this study focuses on the relationship between showcasing behavior on social media, particularly TikTok, and the fame aspirations within an individual. Participants in this research are TikTok users aged at least 18 years, with a total of 185 participants (M=21.20; SD=3.366). This study employs a between-subjects controlled random experiment with an independent variable comprising video types (flexing, humble bragging, and neutral) and a dependent variable being materialistic aspirations, dividing participants into experimental groups (flexing = 56, humble bragging = 68) and a control group (neutral = 61). Researchers utilized the SurveyMonkey platform to present research instruments to participants, including different video stimuli aligned with experimental groups (flexing, humble bragging, or neutral video). Participants then completed the Materialistic Aspirations Index (AI) developed by Kasser & Ryan (1996). Hypothesis testing results indicate no influence of showcasing behavior on fame-oriented materialistic aspirations (Sig = .256) within an individual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Aspirasi Materialistik, Fame, Humble Bragging, Flexing, TikTok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:55
Last Modified: 13 Sep 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225713
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salma Hazimzh Alfitria Purwantari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item