Analisis Layanan Aplikasi Pegadian Digital Service (PDS) Pada PT. Pegadaian Cabang Malang

Novikanada, Putri Chyntia and Auliya Az Zahra,, S. AB., M.M (2024) Analisis Layanan Aplikasi Pegadian Digital Service (PDS) Pada PT. Pegadaian Cabang Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era digitalisasi, perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang sangat luas bagi masyarakat. Digitalisasi telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan melakukan transaksi, serta membantu meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam berbagai bidang. Salah satu contoh perusahaan yang telah mengikuti perkembangan zaman adalah Pegadaian, yang telah mengembangkan aplikasi Pegadaian Digital service (PDS) untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi secara online. Pegadaian Digital service (PDS) adalah salah satu upaya Pegadaian untuk memberikan akses kemudahan bertransaksi bagi nasabah. Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi dengan fitur layanan yang telah disediakan melalui smartphone. Namun, masih banyak nasabah yang sulit untuk menerima perubahan digitalisasi yang dilakukan oleh Pegadaian, dikarenakan belum banyak nasabah yang mengetahuinya dan kurangnya sosialisasi tentang adanya aplikasi ini. Selain itu, aplikasi Pegadaian Digital service (PDS) sering mengalami gangguan teknis saat melakukan transaksi pembayaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan enam teori yang dikemukakan oleh Ladhari untuk mengukur efektifitas aplikasi, yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Privasi/Keamanan, Manfaat/Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan/Kegunaan, dan Desain Web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Pegadaian Digital service (PDS) efektif dalam memberikan layanan nasabah secara online, namun masih terdapat beberapa kekurangan dengan aplikasi ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan dan perbaikan aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan nasabah.

English Abstract

In the era of digitalization, the development of information technology has had a very broad impact on society. Digitalization has changed the way people interact and conduct transactions, as well as help increase efficiency and convenience in various fields. One example of a company that has followed the times is Pegadaian, which has developed the Pegadaian Digital service (PDS) application to make it easier for customers to make online transactions. Pegadaian Digital service (PDS) is one of Pegadaian's efforts to provide easy access to transactions for customers. This application allows customers to make various transactions with service features that have been provided through smartphones. However, there are still many customers who find it difficult to accept the digitalization changes made by Pegadaian, because not many customers know about it and the lack of socialization about the existence of this application. In addition, the Pegadaian Digital service (PDS) application often experiences technical problems when making payment transactions. In this study using a descriptive qualitative method with six theories proposed by Ladhari to measure the effectiveness of the application, namely Reliability, Responsiveness, Privacy/Security, Information Benefits/Quality, Ease of Use/Usability, and Web Design. The results of the research show that the Pegadaian Digital service (PDS) application is effective in providing customer services online, but there are still some shortcomings with this application. Therefore, it is necessary to improve and improve the application to improve the quality of service and meet the needs of customers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Aplikasi Pegadaian Digital Service, Kualitas Pelayanan-Digitalization, Pegadaian Digital Service Application, Service Quality
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:54
Last Modified: 13 Sep 2024 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225712
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PUTRI CHYNTIA NOVIKANADA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item