Damayanti, Prastika Ari and Asril Kurniadi, ST.,MT. (2024) Redesain Interior STIKes Bhakti Mulia Kediri dengan Menggunakan Konsep Modern Natural Guna Mendukung Lingkungan Multikultural. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar peserta didik aktif mendukung potensi dirinya. Salah satu bentuk pendidikan adalah pengajaran keahlian khusus, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes). STIKes Bhakti Mulia Kediri adalah salah satu lembaga pendidikan khusus di Kediri yang memproduksi tenaga kesehatan berkualitas. Namun, dengan jumlah mahasiswa dari luar Jawa Timur yang signifikan, terjadi tantangan dalam mengatasi culture shock dan menciptakan lingkungan inklusif yang mengakui keberagaman budaya. Sehingga perlunya pendekatan multikultural dalam desain interior gedung perkuliahan sebagai langkah untuk memperkaya pengalaman pendidikan. Integrasi elemen budaya Nusantara, seperti motif tenun khas daerah Bima di NTB, motif tenun khas provinsi Papua, motif dari baju adat suku Kalimantan dan motifmotif khas daerah Kediri di Jawa Timur, dengan konsep modern natural diharapkan dapat menciptakan suasana yang menginspirasi dan mendukung lingkungan multikultural di STIKes Bhakti Mulia Kediri. Dengan mengaplikasikan konsep modern natural yang memanfaatkan elemen alam dan memadukan budaya Nusantara, institusi ini dapat memperluas wawasan serta meningkatkan toleransi dan kerjasama di antara mahasiswa dengan latar budaya yang berbeda. Kesimpulannya, pendekatan ini tidak hanya menciptakan lingkungan inklusif, tetapi juga mengakui serta menghargai keberagaman budaya dalam proses pembelajaran.
English Abstract
Education is a conscious and planned effort to create a pleasant learning atmosphere so that students actively support their potential. One form of education is the teaching of specialized skills, such as the College of Health Sciences (STIKes). STIKes Bhakti Mulia Kediri is one of the specialized educational institutions in Kediri that produces quality health workers. However, with a significant number of students from outside East Java, there are challenges in overcoming culture shock and creating an inclusive environment that recognizes cultural diversity. Thus, the need for a multicultural approach in the interior design of the lecture hall as a step to enrich the educational experience. The integration of cultural elements of the archipelago, such as typical weaving motifs of Bima region in NTB, typical weaving motifs of Papua province, motifs from Kalimantan tribal traditional clothes and typical motifs of Kediri region in East Java, with the concept of modern natural is expected to create an atmosphere that inspires and supports a multicultural environment at STIKes Bhakti Mulia Kediri. By applying the modern natural concept that utilizes natural elements and integrates the culture of the archipelago, this institution can broaden horizons and increase tolerance and cooperation among students with different cultural backgrounds. In conclusion, this approach not only creates an inclusive environment, but also recognizes and appreciates cultural diversity in the learning process.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | STIKes Bhakti Mulia Kediri, konsep modern natural, budaya nusantara, multikultural, lingkungan pendidikan-STIKes Bhakti Mulia Kediri, modern natural concept, archipelago culture, multicultural, educational environment |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225706 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Prastika Ari Damayanti.pdf Restricted to Registered users only Download (101MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |