Ratnasari, Ramadana Desta and Azizun Kurnia Illahi, S.I.Kom., M. A. (2024) Analisis Isi Strategi Komunikasi Csr, Brand Anthropomorphism, Dan Tone Pemberitaan Csr Badak Lng Dalam Berita “Kabar Bontang” Lng Tv. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah memberikan penggambaran bagaimana isi pesan CSR Badak LNG melalui LNG TV dengan menggunakan konsep strategi komunikasi CSR, brand anthropomorphism, dan tone pemberitaan CSR. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kualitatif pada 36 video berita CSR Badak LNG yang tayang di periode Juni – Desember 2023. Data berupa video berita dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan NVivo. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi CSR paling banyak digambarkan dengan menginformasikan proses kegiatan dan kesuksesan CSR, klaim informasi diperkuat dengan menyisipkan respon stakeholders internal dan eksternal, dan gambaran keterlibatan yang spesifik melalui representatif manusia dari brand anthropomorphism. Selain itu, brand anthropomorphism digunakan untuk menonjolkan sisi kemanusiaan dan kepedulian Badak LNG dengan menampilkan emosi pimpinan perusahaan dan karyawan yang prihatin kepada masyarakat yang membutuhkan, serta emosi tangis haru dan bahagia para penerima manfaat bantuan CSR. Penelitian ini juga memeriksa penggunaan kata ganti orang dari brand anthropomorphism untuk melihat jarak hubungan, hasilnya lebih banyak menyorot kedekatan Badak LNG dengan stakeholders internal, namun tidak dapat menggambarkan kedekatan dengan stakeholders eksternal. Penggunaan kata kerja imperatif juga ditunjukkan untuk mengajak stakeholders terlibat dan memberi dukungan pada kegiatan CSR Badak LNG. Sehingga, secara keseluruhan pesan CSR Badak LNG diberitakan dengan tone positif oleh LNG TV.
English Abstract
The purpose of this research is to provide depictions of the CSR messages content by Badak LNG through LNG TV, using the concepts of CSR communication strategy, brand anthropomorphism, and CSR news tone. The method used in this study is qualitative content analysis to analyze 36 CSR news of Badak LNG broadcasted from June to December 2023. Data was collected through news video observation and documentation, then analyzed using NVivo software. The results indicate that the CSR communication strategy is mostly portrayed by informing about the process of Badak LNG CSR activities and achievement, the information claim supported by responses from internal and external stakeholders, and showing specific involvement through human representatives of brand anthropomorphism. Furthermore, brand anthropomorphism is utilized to humanize Badak LNG as a caring company by showing the concerned emotions of corporate leaders and employees toward someone in need and the emotional expressions of CSR beneficiaries as tears of joy and happiness. This study also examines the use of personal pronouns in brand anthropomorphism, presenting that Badak LNG has a closer relationship with internal stakeholders, but it can’t be used to describe a close relationship with external stakeholders. The imperative verbs are also used to encourage stakeholder involvement and support for Badak LNG CSR. Overall, the CSR messages of Badak LNG are conveyed with a positive tone on LNG TV news.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Pesan CSR, Berita Televisi, Analisis Isi Kualitatif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225701 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ramadana Desta.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |