Strategi Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X-1 Sman 8 Malang

Harfian, Lalita Sasa and Dr. Dra Eti Setiawati, M.Pd. (2024) Strategi Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X-1 Sman 8 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik dengan teori Austin yang dikembangkan oleh Searle. Pada penelitian ini berfokus pada strategi tindak tutur guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X-1. Strategi tindak tutur dapat ditemukan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai strategi tindak tutur guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X-1 SMAN 8 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan catatan lapang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat strategi tindak tutur yang dilakukan oleh guru di dalam proses pembelajaran. Jenis data yang ditemukan pada penelitian ini yaitu termasuk pada jenis representatif atau asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Jenis strategi tindak tutur representatif atau asertif berupa memberitahu. Jenis strategi tindak tutur direktif berupa perintah, nasihat, dan permintaan. Jenis strategi tindak tutur komisif berupa tawaran dan janji. Jenis strategi tindak tutur ekspresif berupa berterima kasih. Hasil penelitian yang lainnya juga membahas mengenai makna dari percakapan yang dilakukan guru untuk mengetahui makna dari percakapan yang diujarkan oleh guru.

English Abstract

This research uses pragmatic studies with Austin's theory developed by Searle. This research focuses on teachers' speech act strategies in learning Indonesian in class X-1. Speech act strategies can be found in initial activities, core activities and closing activities in the learning process. This research aims to obtain data regarding teachers' speech act strategies in learning Indonesian in class X-1 SMAN 8 Malang. This research is a case study research with a descriptive method using a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, interviews and field notes. The data analysis techniques used are data condensation collection, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are that there are speech act strategies carried out by teachers in the learning process. The types of data found in this research include representative or assertive, directive, commissive and expressive types. The type of representative or assertive speech act strategy is telling. Types of directive speech act strategies include commands, advice and requests. The types of commissive speech act strategies are offers and promises. The type of expressive speech act strategy is thanking. Other research results also discuss the meaning of conversations held by teachers to find out the meaning of conversations spoken by teachers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: strategi tindak tutur, pembelajaran, guru-speech act strategies, learning, teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:59
Last Modified: 02 Oct 2024 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225700
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
LALITA SASA HARFIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item