A Social-Semiotic Approach To Hypermasculinity Portrayal In The Ludonarrative Dimension Of Lisa: The Painful

Permana, Kelvin Adi and Fredy Nugroho Setiawan, S.S., M.Hum., (2024) A Social-Semiotic Approach To Hypermasculinity Portrayal In The Ludonarrative Dimension Of Lisa: The Painful. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bentuk maskulinitas yang berlebihan dengan penekanan ke sifat-sifat seperti agresi, dominasi, dan kekuatan fisik sekaligus mengurangi nilai sifat feminin disebut sebagai hipermaskulinitas. Video gim, sebagai format media baru, berkembang pesat dan memberikan cara lain untuk mempromosikan hipermaskulinitas. Salah satu contohnya adalah LISA: The Painful (2014), sebuah video gim independen yang dikembangkan oleh Austin Jorgensen. Studi kualitatif ini menggunakan pendekatan semiotika sosial Pérez-Latorre dkk. terhadap video gim untuk mengidentifikasi penggambaran hipermaskulinitas di dimensi narasi ludo LISA: The Painful dan menemukan diskursus apa yang disampaikan. Studi ini menemukan bahwa LISA: The Painful menggunakan tujuh elemen narasi ludo untuk menggambarkan hipermaskulinitas: sistem pertempuran, pola perilaku NPC, anggota geng, Mags sebagai mata uang permainan, Joy sebagai barang permainan, pilihan pengorbanan, dan mini-game. Dengan elemen-elemen ini, LISA: The Painful menggambarkan hipermaskulintas sebagai gaya hidup yang alami, positif, dan diidamkan. Akan tetapi, video gim tersebut menumbangkan pandangan itu melalui dimensi narasi audiovisualnya. Akhiran alur cerita yang terbatas menunjukkan kegagalan hipermaskulintas untuk membantu karakter utamanya mencapai tujuan mereka. Dua diskursus hipermaskulinitas yang kontras di antara dimensi audiovisual dan narasi ludo mengakibatkan disonansi ludonaratif dalam LISA: The Painful. Disonansi tersebut dapat dianggap sebagai dikotomi untuk menguji moral pemain di sebuah dunia fiktif yang menganggap hipermaskulinitas sebagai normanya.

English Abstract

The exaggerated form of masculinity that emphasizes traits like aggression, dominance, and physical prowess while diminishing the value of feminine traits is referred to as hypermasculinity. Video games, the more recent media format, have gained rapid growth and provide a new avenue for the endorsement of hypermasculinity. An example of this is LISA: The Painful (2014), an indie video game developed by Austin Jorgensen. This qualitative study employs Pérez-Latorre et al.’s social-semiotic approach to video games to identify hypermasculinity portrayals present in the ludo-narrative dimension of LISA: The Painful and uncover what discourses are being conveyed. This study reveals that LISA: The Painful incorporates seven ludo-narrative elements to convey hypermasculine beliefs: the battle system, NPC behavioral patterns, gang members, Mags as in-game currency, Joy as consumable, sacrificial choices, and mini-games. With these elements, LISA: The Painful primarily conceived hypermasculinity as a natural, positive, and idealized lifestyle. However, the video game subverts this discourse through its audiovisual narrative dimension. The inevitability of its plot endings conveys the failure of hypermasculinity as a method for achieving the goals of its central characters. The two contrasting hypermasculine discourses within the audiovisual and ludo-narrative dimensions evoke a ludonarrative dissonance in LISA: The Painful. This dissonance could be perceived as a dichotomy to test players’ moral compass within a fictional world where hypermasculinity is the norm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: semiotika sosial, hipermaskulinitas, kajian gim, narasi ludo, video gim -social semiotics, hypermasculinity, game studies, ludo-narrative, video games
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:08
Last Modified: 02 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225690
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kelvin Adi Permana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item