Retorika Visual Matt D’avella Mengenai Minimalisme Dalam Busana Pada Video Akun Media Sosial Youtube

Hakim, Muhammad Ilham and Reza Safitri, S.Sos., M.Si., P.hD. (2024) Retorika Visual Matt D’avella Mengenai Minimalisme Dalam Busana Pada Video Akun Media Sosial Youtube. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minimalisme pada dasarnya merupakan penggunaan unsur-unsur sederhana dan terbatas untuk mendapat kesan terbaik pada suatu hal, minimalisme dapat diaplikasikan kepada berbagai macam bidang, salah satunya adalah gaya hidup dan busana. Salah satu youtuber yang banyak membahas tentang minimalisme dalam busana adalah Matt D’avella, terdapat empat video youtube Matt D’avella yang membahas tentang minimalisme dalam busana, keempat video tersebut berjudul My Minimalist Wardrobe, Everyday Minimalist Carry, The Benefits of a Simple Wardrobe, My new minimalist wardrobe. Pada penelitian ini peneliti bermaksud untuk meneliti bagaimana Matt D’avella menyampaikan opini dan gagasan nya mengenai minimalisme dalam berbusana kepada penonton nya melaui perspektif retorika visual Sonja K. Foss dengan tiga skema teoritis nya yaitu Nature of image, Function of image, dan Evalution of Image, dengan semiotika Roland Barthes sebagai alat analisis dan minimalisme serta aspek-aspek sinematografi sebagai acuan nya, hal ini berkaitan langsung dengan fokus penelitian ini yang menganalisis konten berbentuk video, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena sifat penelitiannya yang subjektif. Pada hasil penelitian ini didapat bahwa Matt D’avella sebagai seorang youtuber yang membahas segala hal tentang minimalisme menciptakan empat video yang berjudul: My Minimalist Wardrobe, Everyday Minimalist Carry, The Benefits of a Simple Wardrobe, My new minimalist wardrobe, yang berfokus untuk membahas tentang minimalisme dalam berbusana, dalam keempat video ini, Matt D’avella secara retorika visual maupun semiotika melakukan penyampaian pesan baik secara denotasi maupun konotasi, melalui pesan simbolik maupun harafiah, baik secara visual maupun narasi, dengan intensi untuk mempersuasi penonton nya untuk mencoba gaya hidup minimalis dalam konteks berbusana dengan menunjukan berbagai macam manfaat nya baik secara materil maupun immateril dari berbagai macam perspektif kehidupan sehari�hari, tidak hanya itu, secara retorika visual, keempat video Matt D’avella juga berhasil memenuhi tiga karakteristik retorika visual Foss, S. K. (2005) yaitu symbolic action, human intervention, dan presence of audience.

English Abstract

Minimalism is basically the use of simple and limited elements to get the best impression on something, minimalism can be applied to various fields, one of which is lifestyle and fashion. One of the youtubers who discusses minimalism in fashion is Matt D'avella, there are four Matt D'avella youtube videos that discuss minimalism in fashion, the four videos are titled My Minimalist Wardrobe, Everyday Minimalist Carry, The Benefits of a Simple Wardrobe, My new minimalist wardrobe. In this study, the researcher intends to examine how Matt D'avella conveys his opinions and ideas about minimalism in fashion to his audience through the perspective of Sonja K. Foss visual rhetoric with his three theoretical schemes, namely Nature of image, Function of image, and Evalution of Image, with Roland Barthes' semiotics as an analytical tool and minimalism and aspects of cinematography as references, this is directly related to the focus of this study which analyzes video content, this study uses a qualitative descriptive research method because of the subjective nature of the research. The results of this study show that Matt D'avella as a YouTuber who discusses everything about minimalism created four videos entitled: My Minimalist Wardrobe, Everyday Minimalist Carry, The Benefits of a Simple Wardrobe, My new minimalist wardrobe, which focus on discussing minimalism in clothing, in these four videos, Matt D'avella, through visual and semiotic rhetoric, conveys messages both denotatively and connotatively, through symbolic and literal messages, both visually and narratively, with the intention of persuading his audience to try a minimalist lifestyle in the context of clothing by showing its various benefits both materially and immaterially from various perspectives of everyday life, not only that, in terms of visual rhetoric, Matt D'avella's four videos also succeeded in fulfilling the three characteristics of Foss, S. K. (2005) visual rhetoric, namely symbolic action, human intervention, and presence of audience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Minimalisme, Busana, Retorika Visual, Semiotika, Matt D’avella, Video, Youtube
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:09
Last Modified: 12 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225679
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ilham Hakim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item