Optimalisasi Akun Media Sosial Instagram Uzone Store dengan Memanfaatkan Content Plan Guna Meningkatkan Brand Awareness

Fahira, Nadila and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si, M.Si, M.Sc (2024) Optimalisasi Akun Media Sosial Instagram Uzone Store dengan Memanfaatkan Content Plan Guna Meningkatkan Brand Awareness. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era digitalisasi saat ini, para pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai platform penjualan untuk memperluas jangkauan, meningkatkan brand awareness, dan menjaga brand untuk tetap eksis di kalangan pelaku usaha lainnya adalah hal yang diinginkan. Di antara berbagai platform media sosial yang tersedia saat ini, Instagram merupakan platform paling populer bagi banyak orang dan bisnis untuk berinteraksi dengan audiensnya dan membangun branding bisnisnya. Selain itu pembuatan konten adalah salah satu kunci strategi pemasaran yang sukses. Konten yang relevan, berkualitas tinggi, bertarget, dan dirancang dengan baik adalah alat yang sangat efektif untuk mencapai tujuan pemasaran bagi para pelaku usaha. Tugas akhir ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa dalam pembuatan content plan yang memiliki ide konten menarik dan terkonsep dapat berpengaruh dalam kenaikan engagement yang akan berdampak juga pada peningkatan brand awareness. Pengumpulan data dalam tugas akhir dilakukan dengan data observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan engagement rate yang cukup tinggi pada akun instagram @uzonestore sebanyak 106,9% dari tiga (3) konten sebelum dioptimalisasi yakni 49,8% meningkat setelah dioptimalisasi dengan tiga (3) konten yang sudah memanfaatkan content plan menjadi 156,7%. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perbandingan engagement rate postingan yang sudah dioptimalisasi sangat mengutamakan ide konten yang menghibur dan konsistensi penggunaan warna yang lebih hidup. Peningkatan engagement rate ini tentunya membuat Uzone Store lebih dilihat oleh lebih banyak orang dengan target audiens yang tepat.

English Abstract

In the current digital era, business owners leverage social media as a sales platform to expand their reach, enhance brand awareness, and maintain their brand's presence among other businesses. Among the various social media platforms available today, Instagram is the most popular for many individuals and businesses to interact with their audience and build their brand. Additionally, content creation is a key element of a successful marketing strategy. Relevant, high-quality, targeted, and well-designed content is a highly effective tool for achieving marketing goals for businesses. This final project aims to demonstrate that creating a content plan with interesting and wellconceptualized content ideas can positively impact engagement, which in turn boosts brand awareness. Data for this project was collected through observation and documentation. The results of this project indicate a significant increase in the engagement rate on the Instagram account @uzonestore, with a rise of 106.9%. The engagement rate improved from 49.8% with three posts before optimization to 156.7% with three posts that utilized the content plan. This improvement is evident from the comparison of engagement rates, showing that optimized posts prioritized entertaining content ideas and consistent use of more vibrant colors. This increase in engagement rate naturally helps Uzone Store become more visible to a larger audience with the right target audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Instagram, Rencana Konten, Engagement, Kesadaran Merek-Instagram, Content Plan, Engagement, Brand Awareness
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:38
Last Modified: 10 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225634
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadila Fahira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item