“Analisis Perbandingan Information Quality dan User Interface Quality Pada Website E-library Sebelum dan Sesudah Pembaruan Terhadap Engagement Siswa (Studi Kasus : SDN 02 Karanganaom) ”

Iraga, Isardi Dama and Dr. Fajar Pradana, S.ST, M.Eng and chamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., M.T., Ph.D (2024) “Analisis Perbandingan Information Quality dan User Interface Quality Pada Website E-library Sebelum dan Sesudah Pembaruan Terhadap Engagement Siswa (Studi Kasus : SDN 02 Karanganaom) ”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era digital, e-library menjadi salah satu solusi inovatif dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar. Dengan elibrary, siswa dapat dengan mudah dan cepat mengakses berbagai materi pembelajaran secara digital, tanpa batasan waktu dan tempat. Namun, terdapat dua masalah utama yang perlu diperhatikan, yaitu terkait kualitas informasi dan kualitas antarmuka pengguna. Kedua aspek ini sangat penting karena berdampak langsung pada efektivitas dan kepuasan pengguna dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor mana yang lebih berpengaruh terhadap tingkat keterlibatan siswa dalam menggunakan e-library. Data dikumpulkan melalui log aktivitas siswa saat mereka mengakses situs web e-library. Selanjutnya, analisis Paired TTest digunakan untuk membandingkan tingkat keterlibatan siswa antara situs web e-library dengan kualitas informasi yang tinggi dan e-library dengan kualitas antarmuka pengguna yang tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas antarmuka pengguna memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat keterlibatan siswa dengan e-library. Siswa cenderung lebih terlibat dengan situs web e-library yang menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan. Temuan ini menegaskan pentingnya memperhatikan kualitas antarmuka pengguna dalam merancang dan mengelola situs web e-library. Dengan meningkatkan aspek kualitas antarmuka pengguna, diharapkan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam menggunakan sumber daya informasi digital. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan minat baca siswa, serta mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang lebih luas dalam era digital ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052413
Uncontrolled Keywords: e-library, keterlibatan siswa, kualitas informasi, kualitas antarmuka pengguna, paired t test
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:49
Last Modified: 01 Oct 2024 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225629
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Isardi Dama Iraga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item