Wahyudi, Brian Adriansyah Dwi and Aditya Rachmadi, S.ST., M. TI. and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. (2024) Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi & Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam mengakses berbagai layanan kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan aplikasi Mobile JKN, variabel apa yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna, dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis data. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model Delone & Mclean. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Sampel penelitian yang digunakan adalah 176 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang telah diperoleh dan ditabulasikan akan di analisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna berpengaruh signifikan 57,6% dengan manfaat bersih namun kualitas informasi tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap penggunaan. Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak BPJS Kesehatan untuk meningkatkan performa dan kegunaan dari aplikasi Mobile JKN agar pelayanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien.
English Abstract
Mobile JKN application is an application developed by BPJS Kesehatan to facilitate participants in accessing various health services. This study aims to determine the factors that affect the level of success of the Mobile JKN application, what variables most affect user satisfaction, and provide recommendations for improvement based on the results of data analysis. This research was conducted based on the Delone & Mclean model. Data collection was conducted using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The research sample used was 176 respondents selected using purposive sampling technique. The data that has been obtained and tabulated will be analyzed using the SEM-PLS technique. The results showed that user satisfaction had a significant effect of 57.6% with net benefits but information quality did not have a significant relationship with usage. This research can serve as input for BPJS Kesehatan to improve the performance and usability of the Mobile JKN application so that health services become more effective and efficient.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052413 |
Uncontrolled Keywords: | Mobile JKN, Kualitas sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Delone & Mclean |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225625 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Brian Adriansyah Dwi Wahyudi.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |