Internet Celebrity Dalam Penyebaran Informasi Skintific Berdasarkan Analisis Prosumsi Pada Media Sosial Tikok

Arifin, Ericha Deyna and Abdul Hair, S.I.Kom., M.A (2024) Internet Celebrity Dalam Penyebaran Informasi Skintific Berdasarkan Analisis Prosumsi Pada Media Sosial Tikok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses SKINTIFIC dalam mengoptimalkan penggunaan influencer dalam menyebarkan informasi produk melalui media sosial TikTok hingga menjadi brand pendatang baru terbaik hanya dalam jangka waktu 1 tahun sejak awal kemunculannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informasi yang didapat melalui proses wawancara informan pada para influencer, tim agensi MCN, dan tim internal TikTok yang disertai dengan keikutsertaan peneliti sebagai partisipan aktif yang juga merupakan salah satu affiliator dari SKINTIFIC. Dengan menggunakan teori presumption dan internet celebrity, pada penelitian diperoleh penyebab keberhasilan SKINTIFIC disebabkan karena (1)penyebaran informasi yang dilakukan melalui influencer didasarkan pada konsep internet celebrity yang dikemukakan oleh Crystal Abidin yang membagi influencer ke dalam 2 tingkatan, yakni internet celebrity dan microcelebrity. (2)Siklus dari proses prosumsi yang terjadi di dalam interaksi antar pihak yang terlibat pada penyebaran informasi SKINTIFIC melalui TikTok. (3)Penggunaan TikTok sebagai media sosial utama untuk penyebaran informasi SKINTIFIC karena menjadi satu – satunya media sosial berbasis ecommerce yang berhasil mengintegrasikan seluruh pihak yang berperan dengan proses komunikasi hanya melalui 1 platform utama. Ketiga temuan tersebut yang menjadi penyebab SKINTIFIC lebih unggul dari kompetitor walaupun menggunakan cara yang sama yaitu memanfaatkan para influencer dalam penyebaran informasi yang dilakukan melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan SKINTIFIC mengoptimalkan prosumsi dan internet celebrity dalam menyebarkan informasi produk pada khalayak melalui media sosial TikTok.

English Abstract

This research aims to determine SKINTIFIC's process in optimizing the use of influencers in disseminating product information via TikTok social media to become the best new brand in just 1 year since its inception. This research is a qualitative descriptive study with information obtained through informant interviews with influencers, the MCN agency team, and the internal TikTok team, accompanied by the participation of researchers as active participants who are also one of the affiliates of SKINTIFIC. By using presumption and internet celebrity theory, the research found that the cause of SKINTIFIC's success was due to (1) the dissemination of information carried out through influencers based on the internet celebrity concept proposed by Crystal Abidin which divided influencers into 2 levels, namely internet celebrity and microcelebrity. (2) The cycle of the production process that occurs in interactions between parties involved in disseminating SKINTIFIC information via TikTok. (3) The use of TikTok as the main social media for disseminating SKINTIFIC information because it is the only e-commerce-based social media that has succeeded in integrating all parties involved in the communication process through only 1 main platform. These three findings are the reason why SKINTIFIC is superior to its competitors even though it uses the same method, namely utilizing influencers in disseminating information via social media. The research results show that SKINTIFIC optimizes consumer and internet celebrity marketing in disseminating product information to the public via TikTok social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: TikTok, internet celebrity, prosumsi, SKINTIFIC
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:36
Last Modified: 10 Sep 2024 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225622
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ericha Deyna Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item