Identifikasi Kemampuan Menyimak Sokuon Gairaigo [-Kk-], [-Tt-], Dan [-Pp-] Pada Pemelajar Bahasa Jepang

Puspitasari, Christina Hega and Febi Ariani Saragih, M.Pd., (2024) Identifikasi Kemampuan Menyimak Sokuon Gairaigo [-Kk-], [-Tt-], Dan [-Pp-] Pada Pemelajar Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak sokuon gairaigo [-kk-], [-tt-], dan [-pp-] pada pemelajar bahasa Jepang. Teori error analysis Coder tahun 1974 adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2021 Universitas Brawijaya. Instrumen penelitian ini adalah hasil tes. Berdasarkan data, hasil dari penelitian ini adalah kemampuan menyimak mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2021 sangat baik dengan nilai rata-rata 92,2. Kemampuan menyimak sokuon gairaigo [-kk-] dan [-tt-] lebih rendah yaitu 91,6% sedangkan sokuon gairaigo [-pp-] lebih tinggi yaitu 93,3%. Meskipun berbeda nilai tersebut termasuk dalam golongan kemampuan sangat baik.

English Abstract

本研究の目的は、日本語学習者の即音外来語[-kk-]、[-tt-]、[-pp-]の聞 き取り能力を明らかにすることである。コーダーの 1974年の誤り分析理 論が本研究で用いられる理論である。研究方法は記述的量的研究法であ る。本研究の回答者は、ブラウィジャヤ大学 2021年度日本語教育 6期生 である。本研究の手段はテスト結果である。その結果、2021年度日本語 教育 6期生の聴解能力は平均 92.2点と非常に高いことがわかった。ま た、「数音外来語[-kk-]」「数音外来語[-tt-]」の聞き取り能力は 91.6%と低 く、「数音外来語[-pp-]」の聞き取り能力は 93.3%と高い。数値は異なる が、「とても良い」グループに含まれる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kemampuan Menyimak, Sokuon, Gairaigo -識別、リスニング能力、促音、外来語
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:50
Last Modified: 01 Oct 2024 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225617
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Christina Hega Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item