Naburzu, Aisha Rizkya and Fitria Avicenna, S.I.Kom., M.Sc. (2024) Elaboration Likelihood Model dalam Keputusan Pembelian Melalui Fitur Live Streaming. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang dihasilkan oleh faktor kualitas informasi dan diskon yang berada pada live streaming terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan kerangka teori elaboration likelihood model yang dikemukakan oleh Petty & Cacioppo yang menekankan pada kedua jalur pemrosesan pesan persuasi oleh individu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan uji regresi linear berganda dengan mengumpulkan data berjumlah 402 responden yang mengikuti dan menonton live penjualan di Shopee. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang berfokus pada persepsi konsumen terhadap kualitas informasi serta diskon yang diberikan saat live streaming dan sejauh mana kedua faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, kedua faktor yaitu kualitas informasi dan diskon berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian melalui fitur Shopee Live. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi penjual dan platform e-commerce Shopee untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui media live streaming. Penjual ataupun host dapat meningkatkan informasi mengenai produk atau layanan serta memberikan diskon secara konsisten agar dapat meningkatkan ketertarikan pembeli untuk menyelesaikan pembeliannya.
English Abstract
This research aims to examine the influence generated by the factors of information quality and discounts present in live streaming on purchasing decisions using the theoretical framework of the Elaboration Likelihood Model proposed by Petty & Cacioppo, which emphasizes both processing routes of persuasion messages by individuals. This study employs a quantitative approach and multiple linear regression analysis, collecting data from 402 respondents who participated in and observed live sales on Shopee. Data was gathered through an online questionnaire focusing on consumer’s perceptions of information quality and discounts provided during live streaming, and to what extent these factors influence consumer purchasing decisions. Based on the research results, both factors, namely information quality and discounts, have a significant influence both simultaneously and partially on purchasing decisions through the Shopee Live feature. This study is expected to provide insights for sellers and the Shopee e-commerce platform to design more effective marketing strategies through live streaming media. Sellers or hosts can enhance product or service information and consistently provide discounts to increase buyer’s interest in completing their purchase
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Live Streaming, Kualitas Informasi, Diskon, Elaboration Likelihood Model, Keputusan Pembelian. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:34 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225591 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisha Rizkya Naburzu.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |