Radja, Muhammad Raihan Aulia and Galih Panji Hardiko, STP. MT (2024) Penggunaan Influencer Marketing pada Media Sosial Instagram @WSM_SAYUR untuk Meningkatkan Brand Engagement. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tugas akhir ini membahas penggunaan influencer marketing di akun Instagram @WSM_Sayur untuk meningkatkan brand engagement. Penelitian dilakukan dari Januari hingga Juni 2024. Penelitian ini dilakukan dengan memilih influencer yang tepat berdasarkan kriteria tertentu, serta menyusun pesan promosi yang jelas. Ada 3 Teknik pengambilan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid dan dapat digunakan pada Tugas Akhir ini yaitu, Wawancara, Observasi, dan Studi Literatur. Pengolahan data sendiri dilakukan dengan menggunakan rumus Engagement Rate untuk mengetahui perbandingan engagement antara sebelum dan sesudah pelaksanaan influencer marketing. Ada 3 faktor yang menentukan terpilih nya setiap para Influencer yaitu, jumlah followers dan kecocokan audiens dengan target pasar, intensitas update konten yang baik, memperhatikan kualitas konten, dan menyesuaikan anggaran yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan influencer marketing dapat meningkatkan engagement rate sebesar 7,09% dan menambah 157 pengikut baru. Disarankan agar @WSM_Sayur rutin menjadwalkan promosi dan mengelola konten secara efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan keterlibatan audiens.
English Abstract
This final project discusses the utilization of influencer marketing on @WSM_Sayur Instagram account to increase brand engagement. The research was conducted from January to June 2024. This research was conducted by selecting the right influencers based on certain criteria, as well as compiling clear promotional messages. There are 3 data collection techniques used to obtain valid data and can be used in this Final Project, namely, Interview, Observation, and Literature Study. Data processing itself is done using the Engagement Rate formula to determine the comparison of engagement between before and after the implementation of influencer marketing. There are 3 factors that determine the selection of each influencer, namely, the number of followers and audience compatibility with the target market, good content update intensity, paying attention to content quality, and adjusting the budget owned. The results showed that the use of influencer marketing can increase the engagement rate by 7.09% and add 157 new followers. It is recommended that @WSM_Sayur regularly schedule promotions and manage content effectively to maintain and increase audience engagement
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Influencer, Engagement rate-Instagram, Influencer, Engagement rate |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225486 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Raihan Aulia Radja.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |