Redesain Interior Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor untuk Menciptakan Ruang Kerja yang Efisien dengan Penerapan Konsep Desain Neo-Vernakular Sunda.

Ulhaq, Kamila Diya and Asril Kurniadi, S.T., M.T. (2024) Redesain Interior Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor untuk Menciptakan Ruang Kerja yang Efisien dengan Penerapan Konsep Desain Neo-Vernakular Sunda. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Bogor merupakan sebuah perangkat daerah yang menangani bidang komunikasi dan informasi di kalangan masyarakat dan pemerintahan. Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, diperlukan adanya sebuah kantor yang memiliki tata ruang yang baik dalam mendukung aktivitas para penggunanya. Kantor merupakan sebuah tempat untuk dilakukannya berbagai aktivitas pekerjaan mulai dari mengelola data hingga menyalurkan informasi kepada pihak terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah lingkungan kantor yang memiliki lingkungan kerja yang dapat mendukung kualitas para pegawainya. Dalam hal ini di perlukan sebuah rancangan yang dapat memberikan efisiensi ruang sekaligus citra dan ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah tempat kantor tersebut berdir. Selain itu juga diperlukan adanya peningkatan fasilitas sarana dan prasana seperti panataan ulang dan penambahan furniture dan membuat sistem pencahayaan dan penghawaan yang lebih optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian selesai dilanjutkan dengan melakukan perancangan ulang interior kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor dengan penerapan konsep Neo-Vernakular Sunda.

English Abstract

The Department of Communication and Informatics (DISKOMINFO) of Bogor Regency is a regional apparatus that handles the field of communication and information in the community and government. In carrying out its duties and obligations, it requires an office that has a good spatial layout in supporting the activities of its users. An office is a place where various work activities are carried out, from managing data to distributing information to related parties. The purpose of this research is to design an office environment that has a work environment that can support the quality of its employees. In this case a design is needed that can provide space efficiency as well as its own image and characteristics according to the area where the office is located. In addition, it is also necessary to improve facilities and infrastructure such as rearrangement and addition of furniture and make a more optimal lighting and airing system. This research uses a qualitative descriptive method. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. After the research was completed, it was continued by redesigning the interior of the Bogor Regency Communication and Information Office with the application of the Sundanese Neo-Vernacular concept.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Kantor, Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Efisiensi Ruang, Neo Vernakular, Tradisional Sunda, Branding-Office, Communication and Information Office, Space Efficiency, Neo Vernacular, Sundanese Traditional, Branding
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:39
Last Modified: 06 Sep 2024 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225453
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kamila Diya Ulhaq.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63MB)

Actions (login required)

View Item View Item