Evaluasi Kepuasan Pengguna Metode Pembelajaran Elearning Pada Sales Force Pt. Eka Akar Jati

Latifah, Jihan Nur and Auliya Az Zahra, S.AB., M.M (2024) Evaluasi Kepuasan Pengguna Metode Pembelajaran Elearning Pada Sales Force Pt. Eka Akar Jati. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Eka Akar Jati sebuah perusahaan konsultan bisnis, manajemen, dan marketing, saat ini menghadapi tantangan dinamis dalam pengelolaan sumber daya manusia di era globalisasi. Di dalam lingkungan industri yang kompetitif, perusahaan ini menyadari pentingnya memiliki sumber daya manusia yang terampil untuk mendukung keberhasilan operasional dan strateginya. Untuk tujuan tersebut, PT. Eka Akar Jati mengadopsi teknologi “E-Learning” sebagai solusi strategis dalam pelatihan khususnya bagi pegawai sales force, dimana tugas mereka menjalin hubungan dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, menyediakan solusi serta pemahaman mendalam tentang produk, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Modul pelatihan e-learning menyediakan pengetahuan berupa materi dan konten yang diperlukan oleh sales force untuk menjalankan tugas di bidangnya sehari-hari. Pembuatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna metode pembelajaran e-learning di PT. Eka Akar Jati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan melihat beberapa indikator dengan model DeLone dan McLean (2003) meliputi kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality), kepuasan pengguna (user satisfaction). Hasil data menunjukkan bahwa metode pelatihan tersebut telah berhasil dan memiliki dampak positif dalam memenuhi kepuasan pengguna, khususnya dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sales force. Hasil tersebut juga menekankan pentingnya perbaikan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting bagi PT. Eka Akar Jati untuk terus melakukan dan perbaikan terhadap pembelajaran elearning ini agar platform ini tetap relevan dan efektif dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia di perusahaan.

English Abstract

PT. Eka Akar Jati a company engaged in business consulting, management, and marketing, is currently facing dynamic challenges in human resource management in the era of globalization. In a competitive industry environment, the company recognizes the importance of having skilled human resources to support its operational and strategic success. For this purpose, PT. Eka Akar Jati has adopted "E-Learning" technology as a strategic solution in training, particularly for the sales force, whose tasks include building relationships with customers, identifying their needs, and providing solutions as well as a deep understanding of products and effective communication skills. The e-learning training modules provides knowledge in the form of materials and conctent required by the sales force to work their daily duties. This Final Project aims to evaluate the user satisfaction of the e-learning method at PT. Eka Akar Jati. This study uses a descriptive method with a quantitative approach and data collection techniques through questionnaires, observation, and documentation by looking at several indicators with the DeLone and McLean model (2003), which include system quality, information quality, service quality, and user satisfaction. The data results show that the training method has been successful and has a positive impact on the of fulfilling user satisfaction, especially in developing the knowledge and skills of the sales force. These results also emphasize the importanse of continous improvement. Therefore, it is important for PT. Eka Akar Jati to continue to do and improve this e-learning to ensure that the platform remains relevant and effectice in supporting the development of human resources in the company.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, E-learning, Sales Force-Evaluation, E-learning, Sales Force
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:38
Last Modified: 06 Sep 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225451
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jihan Nur Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item