Hubungan Karakteristik Orang Tua Dengan Pengetahuan Mengenai 1000 Hpk Dan Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Iftinan, Yasmin and Prof. Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes and Rahma Dian Hanifarizani, SST., M.Keb (2024) Hubungan Karakteristik Orang Tua Dengan Pengetahuan Mengenai 1000 Hpk Dan Pengetahuan Stimulasi Perkembangan Anak Di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

1000 hari pertama kehidupan (HPK) mencakup fase awal dari konsepsi hingga anak mencapai usia 2 tahun, dimana masa ini dimulai dari periode kehamilan selama 270 hari. Proses perkembangan melibatkan peningkatan kompleksitas struktur dan kinerja tubuh, termasuk kemampuan motorik kasar, motorik halus, komunikasi verbal, interaksi sosial, dan kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif metode observasional dengan pendekatan cross sectional dengan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis menggunakan Chi-Square memiliki nilai signifikansi pada hubungan pengetahuan 1000 HPK dengan usia ibu (P-value 0.008), pendidikan terakhir (P-value 0.000), dan pekerjaan (P-value 0.000). Pada hubungan pengetahuan stimulasi perkembangan anak dengan usia ibu (P-value 0.000), pendidikan terakhir (P-value 0.142), dan pekerjaan (P-value 0.005). Secara statistik sebagian besar terdapat hubungan antara karakteristik orang tua dengan pengetahuan orang tua mengenai 1000 HPK dan pengetahuan stimulasi perkembangan anak. Pengetahuan orang tua mengenai 1000 HPK tergolong kurang dan pengetahuan stimulasi perkembangan anak tergolong cukup. Oleh karena itu, penelitian ini dapat ditindaklanjuti untuk mengevaluasi lebih lanjut terkait pengetahuan orang tua mengenai 1000 HPK dan pengetahuan orang tua mengenai stimulasi perkembangan anak pada orang tua.

English Abstract

The first 1000 days of life covers the initial phase from conception until the child reaches 2 years of age, which starts from the 270-day gestation period. The developmental process involves increasing complexity of body structure and performance, including gross motor skills, fine motor skills, verbal communication, social interaction, and independence. This study is a descriptive quantitative research observational method with a cross sectional approach with a sample using purposive sampling method. The results of the analysis using Chi-Square have a significance value in the relationship between knowledge of first 1000 days of life with maternal age (P-value 0.008), last education (P-value 0.000), and occupation (P-value 0.000). In the relationship of knowledge of child development stimulation with maternal age (P-value 0.000), latest education (Pvalue 0.142), and occupation (P-value 0.005). Statistically, there was mostly a relationship between parental characteristics and parental knowledge about first 1000 days of life and knowledge of child development stimulation. Parents' knowledge of first 1000 days of life was classified as insufficient and knowledge of child development stimulation was classified as adequate. Therefore, this study can be followed up to further evaluate parents' knowledge of first 1000 days of life and parents' knowledge of child development stimulation in parents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052406
Uncontrolled Keywords: 1000 Hari Pertama Kehidupan, karakteristik, pengetahuan, stimulasi perkembangan-Characteristics, developmental stimulation, first 1000 days of life, knowledge
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Oct 2024 01:34
Last Modified: 01 Oct 2024 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225426
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yasmin Iftinan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item