Redesain Interior Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Lebo Dengan Penerapan Konsep Fun And Functional

Nurhaliza, Isna and Kristanto Adi Nugroho, S.T., M.T. (2024) Redesain Interior Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri Lebo Dengan Penerapan Konsep Fun And Functional. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, hanya sekitar 10-11% anak penyandang disabilitas yang telah mengikuti pendidikan khusus. Sekolah Luar Biasa yang telah ada masih belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan fasilitas sarana dan prasarana bagi anak-anak tersebut. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana Sekolah Luar Biasa serta dalam merancang konsep desain yang menarik. Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra Mandiri Lebo dipilih sebagai studi kasus karena menjadi salah satu lembaga yang kompeten dalam melatih perkembangan anak berkebutuhan khusus di kota Sidoarjo. Meskipun demikian, kondisi lapangan menunjukkan bahwa penataan dan pengaturan ruang kelas masih belum terorganisir dengan baik, mengakibatkan pemanfaatan ruang dan fasilitas yang tersedia tidak optimal. Kurangnya ruang terapi, penempatan ruang yang tidak teratur, serta desain yang kurang menarik dari ruang-ruang sekolah menyebabkan proses pembelajaran tidak mencapai potensi maksimal. Oleh karena itu, penerapan desain interior Sekolah Luar Biasa Putra Mandiri dengan konsep fun functional bisa menjadi langkah inovatif. Konsep ini memungkinkan siswa merasakan suasana belajar yang ceria dan menyenangkan. Dengan pengaturan ruang yang baik, baik siswa maupun guru dapat memanfaatkan ruang yang ada secara optimal. Diharapkan bahwa dengan menerapkan konsep fun functional pada desain interior sekolah, semangat belajar dan kreativitas siswa dapat meningkat.

English Abstract

In Indonesia, only about 10-11% of children with disabilities have received special education. Existing special schools have not fully met the needs of facilities for these children. So that, innovation is needed to fulfill the facility needs of special schools and to design attractive design concepts. Putra Mandiri Lebo Special School was chosen as a case study because it is one of the competent institutions in training the development of children with special needs in Sidoarjo city. However, field conditions show that the arrangement and layout of classrooms are not well-organized, resulting in suboptimal use of available space and facilities. Lack of therapy space, irregular room placement, and unattractive designs of school spaces hinder the learning process from reaching its maximum potential. Therefore, the application of interior design in Putra Mandiri Special School with the fun functional concept could be an innovative step. This concept allows students to experience a cheerful and enjoyable learning atmosphere. With good spatial arrangement, both students and teachers can utilize the existing space optimally. It is hoped that by implementing the fun functional concept in school interior design, students' learning spirit and creativity can be enhanced

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Fun, Functional-School, Fun, Functional
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:30
Last Modified: 06 Sep 2024 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225413
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Isna Nurhaliza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item