Pengaruh Durasi Video TikTok Terhadap Jumlah Views Konten Kuliner (Studi Kasus : @geralinokuliner)

Kalontong, Marchellino Geralda and Budi Fajar Supriyanto,, S.Kom, M.Kom (2024) Pengaruh Durasi Video TikTok Terhadap Jumlah Views Konten Kuliner (Studi Kasus : @geralinokuliner). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tren konten video Tiktok telah menjadi sangat populer sejak awal tahun 2019. Hingga kuartal III-2023, TikTok telah menjadi platform dengan pengguna aktif bulanan yang telah mencapai 1,61 miliar. Salah satu keunggulan platform ini sehingga diminati banyak orang adalah durasi video yang tidak terlalu panjang. Dan salah satu jenis konten yang sangat diminati di TikTok adalah konten kuliner karena memberikan peluang bagi para kreator konten untuk berbagi kreasi mereka melalui food vlogging. Alat ukur penentu suksesnya kreator konten dalam membuat kreasi video tersebut adalah jumlah views yang diperoleh. Akan tetapi, seringkali para kreator konten tidak mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi jumlah views yang didapat. Karena TikTok merupakan aplikasi berbasis video dengan durasi tertentu maka penilitian ini bertujuan menganalisa pengaruh durasi video terhadap jumlah views konten kuliner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menganalisis data durasi video dan jumlah views menggunakan uji korelasi Spearman. Data yang diperoleh dari Insight Video Analysis yang dikumpulkan dan diolah dalam Microsoft Excel. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) hasil uji regresi menunjukkan bahwa durasi video memiliki hubungan positif yang sangat lemah dengan jumlah views, dengan nilai R² sebesar 0,0023. (2) Video dengan durasi sekitar 101 detik ditemukan memiliki rata-rata jumlah views tertinggi, yaitu sebanyak 2.760 views. Durasi tersebut dianggap optimal karena cukup panjang untuk menyampaikan konten secara efektif tetapi masih dalam batas waktu yang disukai oleh penonton. Penilitian ini hanya berfokus pada pengaruh durasi video terhadap jumlah views. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menganalisa faktor-faktor penentu lainnya.

English Abstract

The trend of video content on TikTok has become highly popular since early 2019. By Q3 2023, TikTok had reached 1.61 billion monthly active users. One of the platform's advantages that attracts many users is the relatively short video duration. One of the most popular content types on TikTok is culinary content, as it provides opportunities for content creators to share their creations through food vlogging. The key metric for a content creator's success in making these videos is the number of views obtained. However, content creators often do not know which factors influence the number of views they receive. Since TikTok is a video-based application with specific durations, this study aims to analyze the impact of video duration on the number of views of culinary content. This research uses a quantitative method by analyzing video duration and view count data using the Spearman correlation test. The data was obtained from Insight Video Analysis and processed in Microsoft Excel. The results of the data analysis show the following: (1) the regression test results indicate that video duration has a very weak positive relationship with the number of views, with an R² value of 0.0023; (2) videos with a duration of around 101 seconds were found to have the highest average number of views, which is 2,760 views. This duration is considered optimal as it is long enough to convey content effectively but still within a time frame preferred by viewers. This study focuses solely on the impact of video duration on the number of views. Future research is expected to analyze other determining factors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052417
Uncontrolled Keywords: TikTok, Konten Kuliner, Jumlah Views, Food Vlogging, Durasi Video, Regresi-TikTok, Video Duration, View Count, Culinary Content, Food Vlogging, Regretion
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:28
Last Modified: 06 Sep 2024 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225406
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MARCHELLINO GERALDA KALONTONG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item