Putri, Levina Septia and Salnan Ratih Asriningtias, S.T., M.T (2024) Perancangan Desain UI/UX Sistem Penjualan Online Single-Brand Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode UserCentered Design Pada Toko Astara. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Astara menawarkan berbagai produk handmade accessories, telah berhasil menarik minat pecinta produk kerajinan tangan. Namun, toko ini menghadapi tantangan utama terkait dengan keterbatasan pengguna dalam melakukan transaksi produk, yang saat ini hanya dapat dilakukan melalui Instagram dan WhatsApp. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pembuatan sistem penjualan online berbasis e-commerce agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) untuk Toko Astara dengan menggunakan metode User-Centered Design. Metode ini melibatkan beberapa tahap penting, yaitu: memahami konteks penggunaan (Understand Context of Use), menentukan spesifikasi pengguna (Specify User Requirement), merancang solusi (Design Solution), dan mengevaluasi desain berdasarkan kebutuhan pengguna (Evaluate Design Against User Requirement). Data dikumpulkan dari 10 responden yang dijadikan sebagai user persona untuk pengujian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan pengguna. Hasil pengujian ketergunaan (usability) menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor 81,75, yang berada dalam rentang penerimaan dengan penilaian "Excellent" dan peringkat "A". Skor ini dinilai "Acceptable" oleh pengguna. Selain itu, hasil interpretasi Net Promoter Score (NPS) menunjukkan bahwa pengguna adalah promoter, yang berarti mereka sangat puas dengan sistem ini dan kemungkinan besar akan merekomendasikannya kepada orang lain.
English Abstract
Astara, which offers a variety of handmade accessories, has successfully attracted the interest of craft enthusiasts. However, the store faces a major challenge related to the limitations users face in making transactions, which currently can only be done through Instagram and WhatsApp. To address this issue, an e-commerce-based online sales system was created to reach a wider market. The objective of this final project is to design the User Interface (UI) and User Experience (UX) for Astara Store using the UserCentered Design method. This method involves several important stages, namely: understanding the context of use, specifying user requirements, designing solutions, and evaluating the design against user requirements. Data was collected from 10 respondents who were used as user personas for testing. Data collection techniques were carried out through questionnaires, which were then analyzed to identify user preferences and needs. The usability testing results using the System Usability Scale (SUS) showed a score of 81.75, which falls within the acceptance range with an "Excellent" rating and an "A" grade. This score was deemed "Acceptable" by users. Additionally, the interpretation of the Net Promoter Score (NPS) indicated that users are promoters, meaning they are very satisfied with the system and are likely to recommend it to others.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | User Interface (UI), User Experience (UX), User-Centered Design (UCD), System Usability Score (SUS) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225386 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
LEVINA SEPTIA PUTRI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |