Cecarianta, Ilham Cecio and Dr. Dra., Zahroh. Z. A., M.Si (2024) Analisis Advertising Sebagai Media Promosi Online (Studi Kasus Pada Esteh Indonesia Di GoFood). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya internet dalam kehidupan sehari-hari yang mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti memesan makanan dan minuman secara online. Hal ini, yang membuat Esteh Indonesia memanfaatkan iklan untuk mempromosikan produknya secara luas melalui aplikasi Gojek di fitur layanan Gofood. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Advertising Sebagai Media Promosi Online (Studi Kasus Pada Esteh Indonesia Di GoFood) dengan menggunakan tahapan 5 M, “mission, money, message, media, dan measurement” dan teori penyelesaian model AIDA. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dari keseluruhan penggunaan ads yang dilakukan oleh Esteh Indonesia sebagai media promosi online melalui fitur layanan Gofood, Esteh Indonesia berhasil mendapatkan pembeli baru sebesar 47.04% yang sebelumnya Esteh Indonesia menargetkan calon pembeli baru sebesar 30%. Esteh Indonesia berhasil mendatangkan pembeli kembali yang pernah melakukan order produk Esteh Indonesia dalam 60 hari terakhir melalui Gofood ads sebesar 26.67% yang sebelumnya Esteh Indonesia menargetkan pembeli kembali sebesar 20% dalam 60 hari terakhir. Esteh Indonesia berhasil membuat pelanggan loyal akan produk Esteh Indonesia sebesar 26.69% yang sebelumnya Esteh Indonesia menargetkan pembeli aktif di Gofood sebesar 20% dalam 60 hari terakhir. Selanjutnya, Esteh Indonesia juga berhasil memenuhi “ROAS” target penjualan terjadi karena pemasangan ads di Gofood sebesar 2.09, yang sebelumnya Esteh Indonesia menargetkan ROAS sebesar 1.05 dan berhasil mendapatkan 2.441 pesanan setiap minggunya melalui Gofood ads yang sebelumnya Esteh Indonesia menargetkan 2.000 pesanan setiap minggunya oleh konsumen yang mengklik iklan di Gofood. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ads oleh Esteh Indonesia sebagai media promosi online di Gofood dikatakan efektif, karena dapat memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya.
English Abstract
This research is motivated by the importance of the internet in everyday life which affects people's mindset in fulfilling their daily needs, such as ordering food and drinks online. This is what makes Esteh Indonesia utilize advertising to promote its products widely through the Gojek application in the Gofood service feature. In this regard, this study aims to analyze advertising as a medium for online promotion (Case Study on Esteh Indonesia at GoFood) using the 5 M stages, “mission, money, message, media, and measurement” and the AIDA model completion theory. The method in this study uses descriptive qualitative research methods. From the overall use of ads carried out by Esteh Indonesia as an online promotional media through the Gofood service feature, Esteh Indonesia succeeded in getting new buyers by 47.04%, which previously Esteh Indonesia targeted new potential buyers by 30%. Esteh Indonesia succeeded in bringing back buyers who had ordered Esteh Indonesia products in the last 60 days through Gofood ads by 26.67%, which previously Esteh Indonesia targeted 20% of return buyers in the last 60 days. Esteh Indonesia succeeded in making customers loyal to Esteh Indonesia products by 26.69%, which previously Esteh Indonesia targeted active buyers on Gofood by 20% in the last 60 days. Furthermore, Esteh Indonesia also managed to meet the “ROAS” sales target due to the installation of ads on Gofood of 2.09, which previously Esteh Indonesia targeted a ROAS of 1.05 and managed to get 2,441 orders every week through Gofood ads which previously Esteh Indonesia targeted 2,000 orders every week by consumers who clicked on ads on Gofood. It can be concluded that the use of ads by Esteh Indonesia as an online promotional media on Gofood is said to be effective, because it can meet the previously set targets.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052417 |
Uncontrolled Keywords: | Advertising, Media Promosi, Gofood-Advertising, Promotion Media, Gofood. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 08:16 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 08:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225364 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ILHAM CECIO CECARIANTA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |