Penanganan Kasus Pyometra Pada Anjing Poodle Di Klinik Hewan Winadi Vet Malang

Pratama, S. Kh, Alfaro Rikko and drh. Yudit Oktanella, M.Si s (2024) Penanganan Kasus Pyometra Pada Anjing Poodle Di Klinik Hewan Winadi Vet Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pyometra adalah penyakit reproduksi umum pada anjing betina yang dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Kondisi ini ditandai oleh penumpukan pus di dalam lumen uterus. Diagnosis pyometra seringkali dilakukan melalui pemeriksaan fisik dan penunjang seperti ultrasonografi yang menunjukkan pembesaran uterus dengan akumulasi cairan hypoechoic. Escherichia coli adalah bakteri yang paling sering ditemukan pada kasus pyometra, dengan prevalensi hingga 90%. Penanganan utama untuk pyometra adalah ovariohisterektomi, yang umumnya memberikan hasil pemulihan yang baik dengan risiko kekambuhan minimal. Pemberian terapi pengobatan berupa antibiotik (Metronidazol dan Enrofloksasin), antiinflamasi (Tramadol HCl), dan suplemen penyembuhan luka (Ekstrak ikan gabus). Anjing mengalami peningkatan pasca operasi dan pengobatan, luka menutup tanpa adanya komplikasi yang menandakan kesembuhan.

English Abstract

Pyometra is a common reproductive disease in female dogs that can be life-threatening if not treated promptly and appropriately. This condition is characterized by the accumulation of pus within the uterine lumen. Diagnosis of pyometra is often conducted through physical examination and supportive imaging such as ultrasonography, which shows an enlarged uterus with hypoechoic fluid accumulation. Escherichia coli is the most frequently found bacterium in pyometra cases, with a prevalence of up to 90%. The primary treatment for pyometra is ovariohysterectomy, which generally provides good recovery outcomes with minimal risk of recurrence. Medical therapy includes antibiotics (Metronidazole and Enrofloxacin), anti-inflammatory agents (Tramadol HCl), and wound healing supplements (Channa striatus extract). The dog showed improvement after the surgery and treatment, the wound closed without any complications indicating recovery

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524130066
Uncontrolled Keywords: Pyometra, anjing, ovariohisterektomi, Escherichia coli, kesehatan reproduksi.
Divisions: Fakultas Kedokteran Hewan > Kedokteran Hewan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 28 Jul 2024 08:28
Last Modified: 06 Aug 2024 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/225294
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfaro Rikko Pratama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item